Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    PDAM Tirta Raharja Berinovasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas dan Layanan Berkelanjutan

    HARIAN BERANTAS
    25/10/2022, 14:24 WIB Last Updated 2022-11-04T06:45:11Z
    Talk Show Inovasi Teknologi Digital Dorong Peningkatan Kinerja PDAM dalam Pelayanan kepada Pelanggan untuk mendapatkan air minum berkualitas dan Berkelanjutan (Dok Perumda Tirta Raharja)

    HARIAN BERANTAS, KAB. BANDUNG - Dalam rangka partisipasi pada program hibah air minum berbasis kinerja (HAMBK) khusus untuk penanganan COVID-19, Perumda Air Minum Tirta Raharja terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan melalui inovasi teknologi digital.

    Adapun Program HAMBK ini merupakan bantuan pemerintah Australia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUTR) dan dalam rangka meningkatkan komunikasi informasi edukasi kepada masyarakat.

    Dengan adanya program ini, masyarakat akan lebih mengenal perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga talkshow penutup dijadwalkan pada Selasa, 25 Oktober 2022 di Command Center Kabupaten Bandung.

    Bupati Bandung Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS juga hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung sangat mendukung Program Hibah ini dengan memberikan alokasi dana berupa penyertaan modal.

    Penyertaan modal ini tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Penyertaan Modal Daerah Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja.

    Mengangkat pejabat PIU (Unit Pelaksana Proyek) Hibah Air Minum Berbasis Kinerja melalui Keputusan Bupati Bandung Nomor 800/Kep.589-DPUTR/2022 tanggal 23 September 2022.

    Menyelaraskan program hibah dengan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang program yang dilaksanakan oleh Perumda Air Minum Tirta Raharja melalui Program HAMBK.

    Hal senada dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bandung, Marlan yang juga merupakan pembina BUMD yang mendukung program peningkatan kinerja BUMD Air Minum melalui program HAMBK.

    Menurut Marlan, pihaknya selalu berkoordinasi mulai dari usulan program, pembahasan draft naskah perjanjian penerusan hibah dengan OPD terkait, monitoring laporan progres (kemajuan-red) hibah hingga proses pencairan hibah itu sendiri, dan memberikan arahan teknis usulan PMPD dan sinkronisasi program dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

    Selain itu, pihaknya juga turut serta melakukan pemantauan kelembagaan secara berkala melalui laporan evaluasi triwulanan, dan terbukti pada tanggal 5 Oktober 2022 Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung mendapatkan piala sebagai peraih Juara 1 PERPAMSI Award kategori Digitalisasi Sarana dan Informasi BUMD Air Minum Besar.

    Untuk itu, lanjut Marlan, pihaknya sangat berharap Program Hibah AMBK dapat terus berlanjut dan memberikan nilai manfaat serta terjadi peningkatan kinerja BUMD Air Minum sejalan dengan pencapaian target yang diamanatkan RPJMN dan SDGs 2020-2024.

    Selain itu, dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan sinergi antar pemangku kepentingan air minum untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi mewujudkan akses air minum yang aman.

    Sementara itu, Direktur Perusahaan Air Minum Perumda Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi menjelaskan, keikusertaan pada program HAMBK pihaknya  mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:

    1. Perbaikan terhadap Rencana Bisnis Perusahaan yang melengkapi Manajemen Risiko untuk seluruh kegiatan, mendorong pencapaian 3K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas) melalui beberapa indikator yang diikutkan dalam Program HAMBK: Rencana Bisnis, Rasio Operasi, Air Tak Berekening, Kualitas Air (KuA), Kontinuitas Aliran (KA) dan Hibah Khusus untuk penanganan COVID-19.


    2. Pengelolaan media sosial dalam berkomunikasi memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat pelanggan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.

    3. Penungkatan kualitas air hasil produksi yang didistribusikan kepada pelanggan, dalam rangka mendukung Pola Hidup Bersih dan Sehat serta menghambat penyebaran Virus Covid 19 dengan mengkonsumsi air minum dari Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang telah melalui proses klorinasi.

    Sebagai bentuk dukungan dan keseriusan Pemkab Bandung dan PDAM Tirta Raharja terhadap program HAMBK dengan KIAT diketahui telah terintegrasi Command Center.

    Saat ini inovasi teknologi yang telah dimiliki Perumda Air Minum Tirta Raharja dalam rangka pelayanan kepada pelanggan adalah:

    1. Teknologi digital berupa System Control Data Aquisition atau SCADA yang mengintegrasikan proses produksi, distribusi dan pelayanan yang berfungsi untuk memastikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas terpantau secara real time, Perumda Air Minum Tirta Raharja dapat lebih tepat dan responsif dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada pelanggan.

    2. Untuk mendukung service of exellent berupa layanan Contact Center 24 jam melalui nomor 0821-36-866866.

    3. Kedepannya akan dikembangkan aplikasi layanan berupa mobile apps yang rencananya bernama TIRAQU. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pengajuan pemasangan sambungan baru, informasi dan pembayaran tagihan air serta pengaduan pelanggan.(*)






    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • PDAM Tirta Raharja Berinovasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas dan Layanan Berkelanjutan

    Terkini

    Iklan

    Close x