Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Bupati Inhu Terima Kunjungan Kerja Menteri LHK RI

    HARIAN BERANTAS
    13/08/2022, 23:19 WIB Last Updated 2022-08-16T17:10:16Z
    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI saat menyampaikan Kata Sambutan dalam Kunkernya di Inhu, Sabtu, (13/8/2022)

    HARIAN BERANTAS, INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Junaidi Rahmat menerima kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Menteri LHK RI), Siti Nurbaya Bakar yang didampingi Gubernur Riau, Syamsuar, untuk kunjungan kerja (Kunker) sekaligus penanaman pohon kehidupan di Kabupaten Indragiri Hulu. Sabtu (13/8/2022).



     Kehadiran kaki tangan presiden bidang lingkungan hidup dan kehutanan di salah satu daerah kawasan hutan negara yang saat ini masalahnya sedang bergulir di Kejaksaan Agung RI mendapat pengawasan ketat Polres Inhu, Kodim/0302 inhu. Kehadiran Siti diharapkan dapat memulihkan hutan yang telah digunduli oleh oknum pengusaha secara ilegal selama ini.


    Acara tersebut dihadiri oleh seluruh forkompimda Inhu, pejabat dan ketua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu, ketua LAMR Inhu dan organisasi masyarakat lainnya.

    Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi saat menanam pohon bersama Menteri LHK RI


    Dalam kesempatan itu, Bupati Inhu Rezita Meylani menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Indragiri Hulu sebagai salah satu tempat kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. “Terima kasih atas kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang telah meluangkan waktu di Inhu,” ujarnya


    Ia menambahkan, menjelaskan tentang bentangan sungai Inhu “banyak elemen yang berpindah, salah satunya adalah jalan. Ini memang jalan kabupaten yang sudah habis, sudah tidak bisa lagi dilalui masyarakat sehingga harus membuat jalan baru".


    Selama ini jika curah hujan tinggi di wilayah Sumbar, dampaknya dirasakan masyarakat Inhu. Kami mengidentifikasi 14 titik dari bentangan sungai, salah satunya Desa Silunak Batang Peranap dari perbatasan hingga Kuala Cinaku. Mungkin ini sedikit gambaran tentang abrasi bantaran sungai yang bisa kami sampaikan, terima kasih, kata bupati,” ujar bupati termudah di Riau ini.


    Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga mengatakan, “Alhamdulillah dia bisa sampai ke Inhu. “Dalam perjalanan, saya belajar tentang Inhu, ini adalah kabupaten yang indah dan bagus. Dan banyak kegiatan yang akan dikembangkan. Saya yakin pemerintah pusat dan Gubernur akan mendukung pemerintah daerah dan masyarakat Inhu, harapnya.


    Dalam kesempatan itu, Siti juga mengajak pemerintah dan masyarakat untuk menanam pohon. “Hari ini saya ajak Bupati dan masyarakat untuk menanam pohon secara bersama sama. Ini sungai binaan Nasional. Kita sekarang berada di teras sungai dan kalau bahasa pemerintah di perbatasan. Jadi daerah seperti ini sangat rawan bencana banjir.


    Pemerintah berusaha melalui Gubernur dan Menteri PUPR untuk memperhatikan, memang penanganan sungai besar seperti ini bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan banyak usaha dan investasi serta dukungan. Oleh karena itu, saya meminta kepada Balai dan Dirjen Perhutanan Sosial bersama-sama dengan Jenderal Penegak Hukum untuk terus berupaya dan bekerja sama dengan jajaran Gubernur Riau untuk terus mengembangkan daerah seperti Inhu ini.



    Pada kesempatan kali ini, mari kita menanam bersama. Komunitasnya sangat besar, ada Pramuka, komunitas, masyarakat adat, organisasi pemuda, tokoh, aktivis, lembaga adat dan partai politik.


    “Mari menanam pohon sebagai bentuk budaya menanam untuk menjaga alam” ajak Siti.


    Semoga di hari lahir Republik Indonesia yang ke-77 ini, insya Allah pemerintah dan masyarakat kita bisa bersinergi untuk memperbaiki lingkungan kita. Mari kita menanam bersama bapak-bapak, saya hormati Gubernur, Bupati dan Ibu Dirjen, direksi, forkopimda dan lain-lain, kita tanam pohon dan tanam kebaikan,” pungkasnya.


    Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunker menteri LHK RI di Inhu. “Terima kasih atas kunjungan kerja Menteri LHK RI dan Gubernur Riau ke Kabupaten Inhu. Saya berharap kedatangan Menteri LHK RI bersama Gubernur Riau akan berdampak positif bagi masyarakat. berdampak positif bagi kabupaten Indragiri hulu dan dapat mencerahkan pemerintah kabupaten Inhu dalam menangani permasalahan lingkungan” tutupnya.

    ***(Pinten S/Adv Disccominfo).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Bupati Inhu Terima Kunjungan Kerja Menteri LHK RI

    Terkini

    Iklan

    Close x