Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Soal Kenaikan Dana Bantuan Parpol, DPRD Pekanbaru Hearing Bersama Kesbangpol

    HARIAN BERANTAS
    04/07/2022, 17:35 WIB Last Updated 2022-08-29T10:51:52Z
    Komisi I DPRD Kota Pekanbaru saat RDP bersama Kesbangpol, Senin (04/07/2022)

    HARIAN BERANTAS, PEKANBARU– Terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di seluruh Indonesia, sejumlah daerah melakukan persiapan termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru.


    Dalam pelaksanaan pesta demokrasi serentak tentunya diperlukan persiapan yang matang. Namun untuk melaksanakannya memang tidak semudah di balik telapak tangan, tentunya membutuhkan persiapan sejak dini termasuk pendidikan di bidang politik.


    Pemkot Pekanbaru saat ini tengah di usulkan kenaikan anggaran untuk bantuan pendidikan parpol guna persiapan Pimilu 2024 mendatang.


    Terkait rencana penambahan anggaran bantuan dana parpol kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, Komisi I DPRD Pekanbaru memanggil Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau Hearing di Komisi I DPRD Pekanbaru, Senin (04/07/2022).


    Sidang ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Doni Saputra, didampingi beberapa anggota dewan dari berbagai fraksi dan dihadiri Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian beserta jajarannya.



    Komisi I DPRD Pekanbaru meminta penjelasan dari Pemerintah Kota melalui Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru terkait usulan rencana penambahan anggaran bantuan parpol dalam rangka persiapan Pemilu 2024 mendatang.


    Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Doni Saputra mengatakan, RDP ini dilakukan terkait usulan kenaikan bantuan partai yang digunakan untuk mendukung pendidikan politik dalam persiapan pemilu 2024 mendatang.


    “RDP hari ini fokus pada peningkatan bantuan dana pendidikan partai politik yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan pendidikan politik,” ujarnya.


    Doni menambahkan, Pemkot Pekanbaru sebagai leading sector dalam penyelenggaraan politik di kota bertuah ini, Kesbangpol bersedia memfasilitasi usulan tersebut. Namun harus melalui proses dan langkah-langkah yang baik agar tidak ada pelanggaran dalam mewujudkannya.



    Usai RDP, Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan pihaknya dipanggil Komisi I DPRD Pekanbaru terkait rencana penambahan anggaran bantuan pendidikan politik untuk persiapan pemilu 2024 mendatang.


    “Khusus pembahasan terkait dukungan dana untuk pendidikan parpol dalam melaksanakan Pemilu 2024,” kata Zulfahmi Adrian.


    Zulfahmi berharap usulan penambahan anggaran bantuan politik dapat disetujui namun tetap disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemot Pekanbaru. Jangan sampai Pemkot juga kewalahan karena masih banyak program yang harus diprioritaskan.


    “Mudah-mudahan ada peningkatan bantuan keuangan parpol ini. Besaran kenaikan anggarannya, kita masih menunggu kesepakatan antara TAPD dan Banggar serta menyesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan daerah,” katanya lagi.


    Secara terpisah, Ketua gabungan Fraksi Hanura-NasDem DPRD Pekanbaru, Ali Suseno mengatakan, pihaknya mendorong Kesbangpol untuk terus melakukan persiapan dan verifikasi.



    Ali mengharapkan dukungan dari parpol lain terkait rencana peningkatan bantuan keuangan ini. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) membenarkan penambahan bantuan dana untuk parpol jelang Pemilu serentak 2024 .


    “Mendagri membenarkan penambahan dana bantuan parpol untuk mendukung persiapan Pemilu 2024,” ujarnya.


    RDP di dihadiri Sekretaris Komisi Muhammad Isa Lahamid dan Anggota DPRD Indra Sukma, Purba SH, Davit Marihot Silaban, Victor Parulian, Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian beserta jajarannya.


    Selain itu, sejumlah Ketua Fraksi DPRD Pekanbaru juga hadir dalam RDP ini, mereka adalah Ketua Fraksi Demokrat Sigit Yuwono ST, Ketua Fraksi Golkar Hj Masni Ernawati, Ketua Fraksi PAN Irman Sasrianto, Ketua gabungan Fraksi PAN. Fraksi Hanura-NasDem Ali Suseno dan Sekretaris Fraksi Gerindra Plus Hj Sri Rubiyanti. ***(Galeri foto)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Soal Kenaikan Dana Bantuan Parpol, DPRD Pekanbaru Hearing Bersama Kesbangpol

    Terkini

    Iklan

    Close x