Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Harga Sembako Melonjak, Komisi II DPRD Pekanbaru Panggil RDP Disketapang

    HARIAN BERANTAS
    02/07/2022, 17:54 WIB Last Updated 2022-08-29T12:09:11Z

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, SP M.Si saat menghadiri undangan hearing Komisi II DPRD Pekanbaru, (doc.Pekanbaru.go.id)

    HARIAN BERANTAS, PEKANBARU – Akhir-akhir ini, sejak Idul Fitri, harga kebutuhan pokok melonjak dan membuat masyarakat menjerit, terutama mereka yang ekonomi menengah ke bawah.


    Menanggapi hal tersebut, Komisi II DPRD Kota Pekanbaru langsung menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru. Rapat hearing ini dipimpin oleh Dapot Sinaga didamping beberapa anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru lainnya, Jumat (24/6/2022) di kutip dari Pekanbaru.go.id


    “Sejak Idul Fitri harga cabai selangit. Harga bumbu dapur ini belum turun, bahkan harganya naik sampai sekarang,” Kata Dapot Sinaga.


    Tingginya harga cabai saat ini dikeluhkan masyarakat, terutama yang ekonominya menengah ke bawah.


    “Kondisi ini tidak seperti biasanya, yang seharusnya setelah Idul Fitri, harga sayuran dan bumbu dapur akan kembali normal, tetapi kali ini sebaliknya.” Kata Dapot lagi.


    Menanggapi pernyataan wakil rakyat tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alek Kurniawan langsung memberikan penjelasan terkait melambungnya harga pangan sejak Idul Fitri. Kenaikan harga disebabkan ketidakseimbangan antara permintaan dan ketersediaan.



    "Harga naik ketika pasokan yang ada tidak seimbang dengan permintaan," katanya.


    Untuk meyakinkan anggota dewan yang mencecarnya, Alex mencontohkan kenaikan harga rempah-rempah. Jika pasokan rendah sedangkan permintaan tinggi, harga rempah-rempah ini secara otomatis akan naik.


    "Intinya semakin sedikit supply dibanding permintaan, harga tidak akan turun bahjan lebih tinggi lagi," kata Alex.


    Minimnya pasokan karena gangguan cuaca yang menghambat produksi petani kita dan juga tingginya harga pupuk sehingga bumbu utama masakan ini menjadi primadona di Kota Pekanbaru.


    Berdasarkan hasil surveinya saat melihat harga di dua pasar secara langsung, Alex mengatakan harga cabai merah keriting dibanderol 95.000/kg dan cabai hijau Rp. 68.000/kg. Sedangkan di pasar Rumbai, harga cabai merah keriting Rp. 98.000/kg dan cabai hijau 69.000/kg.


    Komisi II DPRD Pekanbaru meminta Alex Kurniawan mencari solusi agar harga pangan di pasar kembali normal. ***(Galeri foto)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Harga Sembako Melonjak, Komisi II DPRD Pekanbaru Panggil RDP Disketapang

    Terkini

    Iklan

    Close x