Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Jokowi Akan Bangun Jaringan Infrastruktur Migas di IKN

    HARIAN BERANTAS
    13/05/2022, 14:36 WIB Last Updated 2022-05-13T07:36:05Z
    Presiden Joko Widodo saat berkemah di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/22). (Twitter/jokowi foto Agus Suparto)

     

    Penulis : Raymon S I Editor Riswan P

     

    HARIAN BERANTAS, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun jaringan minyak dan gas bumi (migas) di wilayah ibu kota baru (IKN Nusantara).

     

    Jaringan itu akan mengalirkan migas dari fasilitas produksi-kilang pengolahan, termasuk jaringan pipa minyak dan gas bumi yang terletak di lima area.

     

    Berdasarkan Perpres Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN Nusantara Tahun 2022-2042 yang disahkan pada 18 April 2022, dikutip Jumat (13/5).

     

    Sedangkan jaringan migas dan gas bumi yang menyalurkan migas dari fasilitas produksi kilang pengolahan, termasuk jaringan pipa migas bawah laut, berlokasi di beberapa lokasi yaitu WP Kuala Samboja, WP Muara Jawa serta kawasan zona penyangga ketahanan pangan di KPIKN, koridor Pertamina-Hulu-Mahakam, koridor Pertamina Hulu-Kalimantan Timur dan ruas pipa gas Senipah-Balikpapan.

     

    Baca juga: SBY Jelaskan Wacana 3 Periode Presiden Jokowi dan Penundaan Pemilu 2024

     

    Pada pasal 52 ayat 3, pembangunan jaringan minyak dan gas bumi merupakan bagian dari jaringan infrastruktur minyak dan gas bumi. Selain jaringan migas, juga akan mencakup infrastruktur migas. Dan pasal 52 ayat 1, sistem jaringan energi ditetapkan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi dalam jumlah yang cukup dan memberikan akses terhadap berbagai jenis energi bagi masyarakat untuk kebutuhan sekarang dan yang akan datang.

     

    Selain jaringan infrastruktur migas, sistem jaringan energi juga mencakup jaringan infrastruktur kelistrikan. Jaringan prasarana ketenagalistrikan dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu prasarana pembangkit tenaga listrik dan sarana penunjangnya, termasuk prasarana jaringan distribusi tenaga listrik dan sarana penunjangnya.

     

    Sarana dan prasarana pembangkit tenaga listrik ini terdiri dari PLTS WP IKN Selatan di KIKN, PLTS WP IKN Timur 1 di KIKN, dan PLTS WP IKN Utara di KIKN.

     

    Kemudian PLTS WP Simpang Samboja di KPIKN, PLTS yang tersebar di zona penyangga lingkungan ketahanan dan pangan di KPIKN, pembangkit Listrik lainnya berupa pembangkit listrik tenaga hidrogen di WP IKN Selatan di KIKN dan tersebar di zona penyangga lingkungan dan ketahanan pangan di KPIKN.

     

    Sedangkan jaringan prasarana distribusi tenaga listrik dan sarana penunjangnya meliputi jaringan transmisi tenaga listrik antar sistem, jaringan distribusi tenaga listrik, dan gardu induk listrik.

     


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Jokowi Akan Bangun Jaringan Infrastruktur Migas di IKN

    Terkini

    Iklan

    Close x