Harian Berantas

Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Iklan

    Kapolri Bentuk Satgas Gabungan Pantau Produksi dan Distribusi 24 Jam Pastikan Stok Minyak Curah Tersedia

    HARIAN BERANTAS
    04/04/2022, 19:57 WIB Last Updated 2022-04-05T13:52:27Z
    .

     

    HARIAN BERANTAS, JAKARTA - Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menggelar rapat evaluasi ketersediaan dan harga minyak goreng di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/4/2022).

     

    Sigit menjelaskan bahwa Polri dan Kementerian Perindustrian sepakat membentuk satgas bersama untuk melakukan pengawasan dan pemantauan pada pihak produsen, distributor tingkat I sampai IV dan tingkat penjualan selama 24 jam.

     

    "Oleh karena itu untuk memastikan ketersediaan di pasar betul-betul ada, kami bersama pak Menperin membentuk gabungan satgas. Dimana satgas gabungan ini kita tempatkan mulai di tingkat pusat para produsen dan di kantor pusat juga ditempatkan personel dari kepolisian dan Kemenperin. Khususnya di beberapa produsen. Besar terpasang selama 24 jam. Untuk mengawasi proses produksi," kata Sigit dalam jumpa pers usai melakukan evaluasi bersama Menperin di Gedung Mabes Polri.

     

    Dengan adanya pengamanan 24 jam tersebut, Sigit berharap minyak goreng khususnya jenis curah dapat menjamin ketersediaannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, harga jualnya juga sesuai dengan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah.

     

    ''Karena memang ada produksi, ragu-ragu terkait dengan penggantian. Dan itu ditegaskan bahwa, semuanya sudah ditentukan dengan kontrak badan sawit pasti akan diberikan subsidi. Karena itu ditentukan dari kapan produksinya ditentukan. ini berjalan bisa 50 persen saja, seharusnya di pasar terpenuhi," ujar Sigit.

     

    Karena itu, kata Sigit, untuk pengawasan dan pemantauan 24 jam, Polri akan menerjunkan personel Satgas Pangan di tingkat pusat, daerah, intelijen hingga Bhabinkamtibmas untuk mengecek ketersediaan dan harga minyak goreng curah di pasaran.

     

    "Di tingkat distributor baik distributor tingkat I sampai tingkat IV, hingga pengecer akan kita turunkan personel dari Satgas Pusat, daerah, rekan-rekan intelijen, Bhabinkamtibmas untuk turun mengecek di pasar. Sehingga rangkaian proses, mulai dari produsen, distributor sampai dengan pasar betul- betul bisa kita waspada dengan baik," ungkap eks Kabareskrim Polri itu.

     

    Semua upaya dan komitmen tersebut, kata Sigit, untuk menghindari segelintir persoalan terkait minyak goreng yang masih ditemukan hasil evaluasinya. Oleh karena itu, menurut Sigit, langkah tersebut diambil untuk menghindari segala bentuk gangguan terkait ketersediaan dan harga jual minyak curah di pasaran.

     

    Lebih lanjut Sigit menegaskan, Polri akan menindak tegas semua pihak yang memanfaatkan situasi dengan melakukan tindakan curang dan melanggar aturan hukum.

     

    Menurut Sigit, dari hasil evaluasi yang disampaikan Kementerian Perindustrian ditemukan adanya modus repackaging, munculnya jenis atau merek baru yang selama ini tidak memenuhi kebutuhan minyak curah untuk industri, hingga pemalsuan dokumen untuk mendapatkan subsidi.

     

    "Pemerintah sudah mengambil kebijakan, memberikan subsidi, memberikan BLT. Dan saya pelaku usaha juga melaksanakan kewajiban dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat khususnya menghadapi bulan Ramadhan, di mana aktivitas dan kebutuhan untuk minyak meningkat betul-betul tersedia," tutur Sigit.

     

    Tidak hanya minyak goreng curah, Sigit mengatakan kepolisian juga memantau ketersediaan dan harga sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya.

     

    "Kedepan juga ada beberapa hal yang akan kami kerjakan. Saat ini kita rapatkan terkait kebutuhan sembako yang lain termasuk juga BBM yang saat ini mulai ada fluktuasi terkait harga dan ketersediaan dilapangan," pungkasnya.

     

    (red)


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kapolri Bentuk Satgas Gabungan Pantau Produksi dan Distribusi 24 Jam Pastikan Stok Minyak Curah Tersedia

    Terkini


    Iklan

    Close x