Harian Berantas

Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Iklan

    DPRD Bengkalis Serahkan Laporan Badan Anggaran LKPJ Bupati 2021

    HARIAN BERANTAS
    26/04/2022, 15:57 WIB Last Updated 2022-04-26T09:01:43Z
    Juru bicara Badan Anggaran, Febriza Luwu saat menyampaikan laporannya kepada LKPJ Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2021 tentang Rancangan Peraturan Daerah.

     

    BERANTAS HARIAN, BENGKALIS - Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran LKPJ Bupati Bengkalis Akhir Tahun Anggaran 2021 digelar DPRD sekaligus pembentukan Pansus Pokok Pikiran DPRD dan Perubahan Perangkat DPRD , Selasa (19/4/2022).

     

    Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Khairul Umam yang didampingi Wakil Ketua I Syahrial dan Bupati Bengkalis Kasmarni.

     

    Juru bicara Badan Anggaran, Febriza Luwu menyampaikan laporannya kepada LKPJ Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2021 tentang Rancangan Peraturan Daerah.

     

    .

    “Kami mengapresiasi kinerja Pemkab Bengkalis tahun 2021 yang meraih penilaian tertinggi realisasi pendapatan daerah oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus ditingkatkan. Menggali potensi sumber-sumber PAD baru harus dilakukan secara maksimal oleh perangkat daerah terkait,” ujarnya.

     

    Sebanyak 7 fraksi menerima laporan Banggar atas LKPJ Bupati Bengkalis Tahun Anggaran 2021 untuk dibahas dan ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya dengan beberapa catatan untuk mendapatkan perhatian serius dan respon positif dari pemerintah daerah.

     

    Dimana catatan yang disampaikan Fraksi Golkar berkaitan dengan OPD yang berkompeten sehingga koordinasi antara eksekutif dan legislatif dapat dilakukan. Lebih lanjut Fraksi Partai Amanat Nasional menyampaikan, banyaknya pedagang yang berjualan di trotoar, khususnya di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto, sehingga trotoar yang difungsikan untuk pejalan kaki tidak bisa lagi digunakan dan ini akan menghambat penilaian Adipura terhadap Kabupaten Bengkalis.

     

    Selain itu, Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat juga menyampaikan pandangannya bahwa pemerintah daerah harus menginventarisasi dan memetakan potensi wajib pajak dan potensi yang dapat dimaksimalkan. Terakhir, Fraksi Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia mengatakan, infrastruktur jalan yang ada di Desa Teluk Lancar diharapkan segera terealisasi.

     

    .

    Sementara itu, Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni menanggapi apa yang telah disampaikan dalam rapat paripurna tersebut dan ini merupakan kelanjutan dari sinergi dan kerjasama untuk menyelenggarakan Pemerintahan Kabupaten Bengkalis secara lebih terukur, terarah, sistematis dan akuntabel. Sehingga upaya pencapaian tujuan pembangunan daerah seperti yang dicita-citakan dapat tercapai dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Dimana pada tahun 2021 telah meraih banyak keberhasilan dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak atas kemajuan pembangunan di berbagai bidang yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

     

    Menurutnya, bahkan pada akhir tahun 2021, seperti yang disampaikan Mendagri, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah dengan predikat pendapatan daerah tertinggi di Indonesia dengan pencapaian target sebesar 125,51%. Demikian pula hasil audit keuangan BPK-RI perwakilan Riau hingga 2020 berturut-turut meraih delapan kali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah.

     

    “Artinya penilaian BPK ini menjadi motivasi dan spirit bagi kita pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kinerja termasuk dalam pengelolaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Dan kami sangat mengharapkan dukungan dari rekan-rekan pimpinan anggota DPRD untuk memperkuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah 2022 dan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2023 yang semakin partisipatif dan adaptif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

     

    Usai penyampaian laporan LKPJ, dilanjutkan dengan rapat paripurna penetapan Pansus Pokok Pikiran dan Perubahan AKD DPRD Kabupaten Bengkalis.

     


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • DPRD Bengkalis Serahkan Laporan Badan Anggaran LKPJ Bupati 2021

    Terkini


    Iklan

    Close x