Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Danrem 071/Wijayakusuma Canangkan Kampung Pancasila Kota Pekalongan

    HARIAN BERANTAS
    15/04/2022, 04:27 WIB Last Updated 2022-04-15T05:52:12Z

    Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., disela-sela kunjungan kerja di Kodim 0710/Pekalongan mencanangkan Kampung Pancasila di Kelurahan Medono RW 12 Kec. Pekalongan Barat Kota Pekalongan, Kamis (14/4/2022)
     

    HARIAN BERANTAS, KOTA PEKALONGAN - Mengawali sambutannya, Danrem 071/Wijayakusuma mengapresiasi terlaksananya pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Kodim 0710/Pekalongan.

     

    Dikatakannya, sejak kedatangannya diwilayah Kelurahan Medono tempat dicanangkannya Kampung Pancasila ini, dirinya merasa haru dan bangga karena diera globalisasi saat ini masih ada kampung atau Kelurahan yang masih kuat menanamkan nilai-nila Pancasila dalam setiap kehidupan masyarakatnya.

     

    "Sejak kedatangan saya tadi, saya disambut dengan berbagai kegiatan seperti tarian budaya lokal dan menaiki odong-odong. Saya juga merasa terhormat diacarakan seperti ini. Tapi ini bukan untuk saya, acara ini untuk Program Kampung Pancasila", ungkapnya.

     

    Dikatakan, Pancasila sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu, hanya digali saja oleh para proklamator kita menjadi suatu Pancasila.

     

    "Sebenarnya, nilai-nilai Pancasila sudah ada ratusan tahun yang lalu. Contohnya, seiring dengan perkembangan Kota Pekalongan ini. Karena sekilas saya membaca sejarah Kota Pekalongan, Kota Pekalongan merupakan kota pesisir penting selain Semarang untuk menopang perekonomian Semarang. Kemudian juga pernah menjadi daerah persiapan untuk kerajaan Mataram untuk menyerang Batavia juga dari Kota Pekalongan ini. Di sini juga terkenal dengan batiknya, yang terdapat pengaruh tiongkok dan arab dalam motifnya.DEisitu juga terpancardan tercermin nilai-nilai Pancasiila,''terangnya.

     

    "Kota Batik identik dengan Kota Kita, ada Pesantren juga disini, hal ini merupakan kerukunan yang luar biasa.", ucapnya.

     

    Danrem berharap, generasi muda bangsa diwilayah Kota Pekalongan untuk terus dipupuk dan dibina serta diharapkan Kampung Pancasila di Kelurahan Medono ini menjadi cikal bakal embrio dan menjadi lilin yang ada di Pekalongan untuk terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat. Selain itu, langkah-langkah seperti ini tidak berhenti disini saja, namun juga bisa mengungkapkan seluruh elemen masyarakat demi persatuan dan kesatuan bangsa.


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Danrem 071/Wijayakusuma Canangkan Kampung Pancasila Kota Pekalongan

    Terkini

    Iklan

    Close x