Penulis : Sekretariat Suara Pemerintah
HARIAN BERANTAS, JAKARTA - Ajang
penganugerahan Top City Branding Award 2022 dan Top Government Leader for
Personal Branding AWARD 2022 yang diselenggarakan secara virtual oleh portal
media online SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia, Jumat (28/1/22),
berlangsung sukses serta mendapat sambutan yang baik dari ratusan peserta dan
peraih penghargaan.
Dalam ajang tersebut, Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil),
Wali Kota Palembang (Harnojoyo), Wali Kota Madiun (Maidi), dan achievers
lainnya dinobatkan sebagai peraih Top Government Leader For Personal Branding
Award 2022.
Sementara untuk para peraih Top City Branding Award 2022
adalah Pemerintah Kota Madiun, Pemerintah Kota Palembang, Pemerintah Kabupaten
Jayapura, Pemerintah Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Cimahi, dan achievers
lainnya.
Selain ajang penganugerahan dan apresiasi terhadap
keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program city branding, turut pula
digelar Webinar Nasional dengan tema Membangun Kota Melalui Branding di Era
Digital.
Hadir sebagai pemateri webinar adalah Kepala Prodi S2
Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret, yang juga merupakan Penulis Buku
City Branding Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah, Andre N.
Rahmanto.
Dalam kesempatan tersebut, Andre menekankan lima tahapan
yang harus dilakukan dalam membangun city branding.
"Ada lima tahapan yang harus dilakukan dan saling
bersinergi yaitu formulated project goals, analyze current place brand, design
place brand essence, implement new place brand, dan monitor the place
brand," ujar Andre dalam sesi Webinar Nasional: Membangun Kota Melalui
Branding di Era Digital.
Sementara itu CEO SuaraPemerintah.ID, Arief Munajad,
mengatakan di era globalisasi ekonomi, keberadaan daerah baik itu provinsi
maupun kabupaten/kota sangat besar perannya dalam menyokong pembangunan negara
Indonesia.
“Ini salah satu program digencarkan dalam membangun daerah
adalah program City Branding. Kita perlu optimalkan. Karena masih banyak
potensi daerah dan kota belum dikenal masyarakat luas. Pengenalan berbagai
potensi ini musti dilakukan, sehingga citra positif daerah dan kota di
Indonesia semakin meningkat,” ujar Arief.
Pada kesempatan sama, CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo,
mengatakan penghargaan ini tentunya menjadi nuansa baru bagi pemerintah dalam
membangun potensi daerah dan kota. Terlebih kota merupakan bagian yang penting
sebagai penyokong pembangunan bangsa dan negara.
“Dengan dijalankannya program city branding melalui media
digital akan semakin meningkatkan value yang positif. Potensi daerah dan kota
juga semakin dikenal tidak hanya dalam skala lokal tapi juga internasional,”
kata Tri.
Sebagai informasi Ajang penghargaan Top City Branding Award
2022 dan Top Government Leader For Personal Branding Award 2022 dihadiri oleh
pemimpin maupun perwakilan instansi, seperti: Bupati Jayapura, Mathius
Awoitauw; Wali Kota Madiun, Maidi; Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan
Djunaid; Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana; Kepala Dinas Komunikasi dan
Informatika Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah; Kepala Dinas Komunikasi dan
Informatika Kota Palembang, Edison; Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro,
Kementerian Investasi RI, Indra Darmawan; Koordinator Strategi Komunikasi dan
Kemitraan Direktorat Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf RI, Dedi Ahmad Kurnia;
Kepala Prodi S2 Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret, Andre N. Rahmanto,
serta para peserta webinar.
Metode penilaian Top City Branding Award 2022 dan Top
Government Leader for Personal Branding AWARD 2022 dilakukan mulai bulan
Agustus – Oktober 2021 dengan 3 parameter penilaian digital, yaitu: Digital
Awareness Aspect, Digital Media, Social Media Aspect.