Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Bupati Raden Adipati Surya Membuka Seminar Nasional Gerakan Wakaf

    HARIAN BERANTAS
    24/01/2022, 23:56 WIB Last Updated 2022-01-24T16:56:42Z


    Penulis : Medi I Editor : Riswan Pasaribu

     

    HARIAN BERANTAS, WAY KANAN - Seminar Nasional Gerakan Wakaf Dalam Rangka Milad ke-11 PT. BPRS Way Kanan (Perseroda) ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Way Kanan Senin, (24/01/22). Adipati Surya dalam sambutannya mengatakan, Islam adalah agama yang lengkap yang tidak hanya mengajarkan ibadah tetapi juga mu'amalah.

     

    Menurutnya, Islam telah menjelaskan secara sempurna etika bisnis seperti kejujuran, keterbukaan dan lain-lain yang pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak. Selain etika Islam di atas, instrumen keuangan syariah juga sangat beragam, ada instrumen keuangan yang ditujukan untuk bisnis, seperti jual beli, sewa-menyewa dan kerjasama. Selain itu, Islam juga menjelaskan tentang instrumen keuangan untuk mengatasi masalah sosial dan kemiskinan.

     

    Ia juga mengatakan bahwa saat ini pergerakan zakat dan wakaf di Indonesia sedang berkembang pesat, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berzakat dan berwakaf baik melalui wakaf tunai maupun bentuk wakaf lainnya terus meningkat. Hal ini patut disyukuri mengingat kedua instrumen ini fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar yang pada faktanya tidak dinikmati oleh semua elemen masyarakat.

     

    “Maka tidak ada salahnya jika kegiatan ini mengambil tema Peran Bank Syariah Way Kanan Sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf uang dalam Mendukung Perekonomian Umat. Sepanjang sejarah Islam, wakaf telah menunjukkan peran penting dalam mengembangkan sosial kemasyarakatan, kegiatan ekonomi dan budaya. Selain itu keberadaan wakaf telah memudahkan banyak cendekiawan muslim untuk melakukan penelitian dan pendidikan, wakaf terbukti menjadi salah satu instrumen jaminan sosial dalam rangka membantu kaum yang lemah untuk memenuhi kebutuhan hajat hidup,''ucapnya.

     

    Adipati mengakui ada beberapa faktor yang menyebabkan wakaf di Indonesia belum berperan dalam pemberdayaan ekonomi umat, antara lain, pertama, masyarakat masih beranggapan bahwa wakaf harus berupa benda tidak bergerak, seperti tanah yang peruntukkan sebagai ibadah sedangkan uang dianggap tidak termasuk wakaf. Kedua, masalah sosialisasi, hal ini tidak hanya terjadi pada masyarakat, tetapi juga terkendala oleh media, baik cetak maupun elektronik, yang belum secara masif mensosialisasikan dan mengedukasi tentang wakaf. Ketiga, permasalahan kelembagaan yang masih belum maksimal dalam penghimpunan wakaf uang. Dan Keempat, kurangnya dukungan pemerintah yang kuat untuk memanfaatkan potensi wakaf uang, serta kurangnya transparansi dalam pengelolaan dan alokasi dana wakaf, sehingga dapat mengurangi kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan wakaf.

     

    Dalam kesempatan itu Adipati juga mencanangkan dan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk turut mensukseskan Program GERAKAN WAKAF UANG  setiap minggunya sebesar 2.000 rupiah secara rutin, hal ini berpotensi dapat membantu perkembangan ekonomi ummat, khususnya di Kabupaten Way Kanan, dan masyarakat Lampung pada umumnya.

     

    Untuk diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. H. Tarmizi, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimas Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Pengurus Badan Wakaf Indonesia Pusat Prof. Dr. Nurul Huda, Dompet Dhuafa Republika Jakarta diwakili Bobby P. Manullang, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung, Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, Jajaran Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat dan unsur tokoh ormas Islam.


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Bupati Raden Adipati Surya Membuka Seminar Nasional Gerakan Wakaf

    Terkini

    Iklan

    Close x