• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Tingkatkan Indeks Lingkungan hidup, Bupati Inhu dan Gubernur Riau Tanam Pohon dan Tebar Bibit Ikan

    HARIANBERANTAS
    12/13/21, 21:53 WIB Last Updated 2021-12-13T14:53:37Z
    Gambar Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani bersama Gubernur Riau Syamsuar saat kegiatan penebaran benih ikan di sungai Indragiri, Senin (13/12/2021)


    HARIAN BERANTAS, INHU - Dalam rangka pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan hidup, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani bersama Gubernur Riau Syamsuar menggelar kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan (Restocking) di sepanjang perairan sungai Indragiri, Senin (13/12/2021).

     

    Adapun tujuan dari kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergiliran ini adalah untuk meningkatkan indeks lingkungan hidup dan bentuk restorasi ekosistem perairan di Provinsi Riau, dalam rangka mewujudkan Riau yang hijau.

     

    Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Herman Mahmud mengatakan, sekira 160 ribu bibit ikan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, serta 10.300 bibit pohon aren, pinang, matoa, dan manggis diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Kotalama, Danau Baru, Redang dan Alang kepayang.

     

    “Terima kasih kepada Bupati Inhu yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar, semoga apa yang ingin kita capai dapat terwujud guna memperbaiki kondisi perairan dan ekosistem di dalamnya,” ungkap Herman.

     

    Sementara itu, Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang.

     

    Gambar Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani bersama Gubernur Riau Syamsuar saat kegiatan penanaman pohon, Senin (13/12/2021)

    Menurut Rezita, kelestarian fungsi lingkungan hidup harus dijaga keserasian antara berbagai usaha atau kegiatan, hal ini merupakan upaya sadar dan terencana untuk mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan berkelanjutan.

     

    Rezita menekankan bahwa pengelolaan sumber daya perairan adalah untuk meningkatkan produksi hasil tangkapan ikan, sehingga tingkat pendapatan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat dalam peningkatan protein hewani dari ikan dapat terwujud.

     

    Upaya yang telah dilakukan pemerintah, partisipasi aktif diminta dari masyarakat agar kelestarian kedua unsur lingkungan hidup agar sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, mempunyai rasa memiliki dan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup, melestarikan lingkungan dan sumber daya perairan di wilayahnya sendiri,” pungkas Rezita.

     

    Pada kesempatan yang sama Gubernur Riau Syamsuar juga memberikan sambutan. Syamsuar panggilan akrab orang nomor satu di provinsi Riau ini mengatakan, lingkungan menjadi topik pembahasan yang akhir-akhir ini sering diperbincangkan. Menurutnya, Lingkungan menjadi isu penting karena berdampak pada perekonomian suatu daerah.

     

    ''Jika masyarakat tidak memperhatikan lingkungan sekitar, dampaknya akan dialami oleh masyarakat itu sendiri. Ekonominya akan jatuh,'' kata Syamsuar.

     

    Program Pemerintah tentang Riau Hijau yang disebut Syamsuar merupakan salah satu langkah untuk menjaga perekonomian masyarakat yang bergantung pada lingkungan hidup agar tetap bagus dan terjaga hingga masyarakat sejahtera.

     

    Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Inhu Elda Suhanura, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri Marwan MR beserta rombongan, Camat Rengat Barat Hendry, S.Sos, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Inhu.

     

    Reporter : Pinten Sitorus

    Editor      : Riswan Pasaribu


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Tingkatkan Indeks Lingkungan hidup, Bupati Inhu dan Gubernur Riau Tanam Pohon dan Tebar Bibit Ikan

    Terkini

    Iklan

    Close x