• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Rencana Perbup Anggaran Publikasi, Diskominfo Inhu Konsultasi ke Sejumlah Media Partners

    HARIANBERANTAS
    12/03/21, 19:41 WIB Last Updated 2021-12-03T12:55:52Z
    Foto Bersama pimpinan umum sekaligus penanggung jawab www.harianberantas.co.id, Bowonaso Laia dan Kabid Kerjasama Media, Atan, SP didampingi jajaran stafnya Rudi Indra Subakti, Ali Sadikin dan Kevin Febri Kurniawan. (DOKUMEN / HARIAN BERANTAS/2021)


    HARIAN BERANTAS, PEKANBARU - Untuk mendorong pemanfaatan media baik cetak maupun elektronik sebagai sarana penghubung pemerintah dan masyarakat serta untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pertemuan ke sejumlah Media Partner terkait sosialisasi rencana Perbup pagu anggaran kerjasama Publikasi.

     

    Pemimpin Redaksi Toro ZL yang diwakili oleh pimpinan umum sekaligus penanggung jawab www.harianberantas.co.id Bowonaso Laia pun menyambut baik pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang berlangsung di Uwak Caffe di Jalan Durian No 47 Pekanbaru, Jumat ( 03/12/21) siang.

     

    Adapun Kunjungan rombongan Diskominfo Pemkab Inhu ini dipimpin langsung oleh Kabid Kerjasama Media, Atan, SP didampingi jajaran stafnya yaitu Rudi Indra Subakti, Ali Sadikin dan Kevin Febri Kurniawan.

     

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu Jawaltel Situmorang melalui Kabid Kerjasama Media, Atan SP mengatakan, tujuan kunjungan pihaknya ini adalah untuk mengkonsultasikan rencana peraturan bupati (perbup) terkait Plafon pagu anggaran kerjasama media di Pemerintah Kabupaten (Pemdakab) Inhu tahun anggaran 2022 mendatang serta untuk bertemu dengan para pemimpin media mitra pemerintah daerah Inhu.

     

    “Kedatangan kami ke sini untuk konsultasi mengenai rencana Peraturan Daerah (Perbup) tentang kerja sama media untuk tahun anggaran 2022 mendatang serta untuk silaturahmi dengan penanggungjawab media mitra pemerintah daerah yang membidangi media,” kata Atan.

     

    Selain itu, tambah Atan, sebelum Pemda Inhu menyerahkan rancangan anggaran kepada DPRD Inhu, terlebih dahulu berkonsultasi dengan seluruh rekan media Pemda Inhu agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Hal ini dilakukan karena adanya perbedaan pendapat mengenai Pergub Riau Nomor 19 Tahun 2021. Sehingga untuk menghindari gesekan dan pelanggaran hukum di kemudian hari, pihaknya perlu meminta pendapat dari pimpinan perusahaan atau penanggung jawab media partner Pemerintah Daerah Inhu.

     

    “Sebelum Perbup kami ajukan ke DPRD Inhu, kami konsultasikan dulu dengan teman-teman media agar tidak terjadi kesimpangsiuran dan pelanggaran hukum di kemudian hari,” imbuhnya.

     

    Penanggung jawab media ini (www.harianberantas.co.id, red) Bowonaso Laia yang akrab disapa B. Anas menyambut baik kedatangan rombongan Inhu Diskominfo yang ingin tetap bersilaturahim dan berkonsultasi mengenai rencana tersebut. Untuk Perbup Kerjasama Media Massa, B. Anas mengatakan sangat mendukung program pemerintah Inhu dan syarat kerjasama media massa. Anas menegaskan, nilai pagu anggaran kerjasama media massa merupakan hak pemerintah daerah sesuai ketersediaan anggaran masing-masing daerah.

     

    Anas menambahkan, anggaran kerjasama media massa sesuai Pergub Nomor 19 Tahun 2021 juga terlalu tendensius dan tidak beritikad baik bagi kelangsungan hidup perusahaan media. Pasalnya, nilai anggaran kerjasama media massa dalam Pergub tersebut dinilai sangat rendah dan tidak sebanding dengan biaya operasional perusahaan media massa itu sendiri.

     

    Ia berharap Pemerintah Daerah Inhu perlu memperhatikan faktor ekonomi perusahaan media massa agar bisa sejalan satu sama lain. Ia juga mengatakan jika perusahaan media massa mendapat dukungan dari pemerintah, tentu akan membantu perusahaan media berjalan dengan baik.

     

    Selain itu, Anas juga memberikan masukan agar syarat kerjasama media massa tidak terlalu rumit. Seperti halnya media-media yang berbadan hukum antara lain CV, Yayasan dan PT, mereka tetap bisa mendapatkan perhatian meski belum diverifikasi di dewan pers.

     

    ''Karena tugas dewan pers memverifikasi jumlah media, itu bukan salah satu syarat kerjasama,'' kata Anas.

     

    Kemudian, lanjut Anas, mengenai kartu uji kompetensi jurnalis (UKW) juga tidak perlu menjadi persyaratan kerjasama karena setiap perusahaan media massa terus memberikan pelatihan kepada semua jurnalisnya dan hal ini ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

     

    'Kalau hal itu tetap di terapkan maka minimal pemimpin redaksi media UKW utama sebagai mana persyaratan Dewan Pers,'' Jelas Anas.

     

    Di akhir pertemuan, Kabid Kerjasama Media Massa Diskominfo Inhu, Atan menyampaikan terima kasih atas masukan dari media www.harianberantas.co.id.

     

    “Terima kasih masukannya, dengan masukan ini pikiran kita akan terbuka. Mohon terus dukung langkah kami bila perlu dikawal sampai ketuk palu DPRD Inhu,” pungkasnya.

     

    Usai pertemuan, rombongan Diskominfo Inhu melanjutkan perjalanan yang rencananya akan menuju ke kantor pemerintahan Provinsi Riau.

     

    Reporter : (Os Ndruru/Pinten S)

     

    Editor: Riswan

     

    COPYRIGHT - HARIAN BERANTAS 2021


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Rencana Perbup Anggaran Publikasi, Diskominfo Inhu Konsultasi ke Sejumlah Media Partners

    Terkini

    Iklan

    Close x