Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Pemkab Targetkan Vaksin 70%, Ternyata Tidak Direspon Masyarakat Kelurahan Pematang Reba

    HARIAN BERANTAS
    16/12/2021, 15:29 WIB Last Updated 2021-12-16T08:29:57Z
    (Foto/Istimewa/dok)


    HARIAN BERANTAS, INHU - Rencana target pemerintah Kabupaten Inhu untuk vaksin COVID-19 hingga 26 Desember 2021 mencapai 70%, rupanya tidak ditanggapi atau tidak dipedulikan oleh masyarakat Kecamatan Pematang Reba, Kabupaten Rengat Barat karena adanya berita hoax.

     

    Lurah Pematang Reba, Sudarman pun mempertanyakan alasan mengapa banyak yang belum divaksinasi. Diakuinya, padahal sebagai Lurah, dirinya telah melakukan berbagai cara untuk membujuk masyarakat agar datang untuk divaksinasi. Bahkan melalui rapat seluruh RT dan kepala lingkungan di balai kelurahan, ia juga sudah melakukannya, namun tetap tidak berhasil.

     

    Sudarman menyebut ada masyarakat yang mengatakan lebih baik tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah selama mereka tidak divaksinasi. Menurutnya, ada sekitar 200 warga yang mengatakan demikian. Pasalnya, mereka (penduduk) menginginkan vaksin modern, tetapi masyarakat tidak menginginkan vaksin Cronovak.

     

    “Dari jumlah penduduk kelurahan sekitar 6.000 jiwa, dengan total 52 RT, 2 RT yang sudah divaksinasi masih sekitar 2.000 jiwa,” kata Sudarman.

     

    ''Dan yang paling sulit dengan masyarakat ini, mereka masih percaya pada berita hoax yang meninggal setelah vaksin. Jangan sampai menyesal nanti jika pada tahun 2021 tidak membayar sementara vaksin berbayar pada tahun 2022,'' pungkasnya.

     

    Kapolsek Rengat Barat Kompol Tigor Kombise mengatakan, hal itu sudah dibahas di kantor bupati oleh wakil bupati, forkopimda, dan kepala dinas kesehatan.

     

    ''Terkait peran polisi, polisi telah mengarahkan kepala desa/lurah untuk menekankan aparatur masing-masing desa agar dapat memberikan pemahaman tentang apa sebenarnya manfaat vaksin itu,''ungkapnya.

     

    Sementara itu, Wakil Bupati Inhu berharap seluruh Forkopimda, Kepala Desa dan Lurah bekerja lebih keras.

     

    ''Mari kejar target 70%, kita akan bujuk masyarakat dan jemput bola,'' ujarnya.

     

    Dikatakannya, laporan dari lurah tersebut menyebutkan masih ada sekitar 5.000 orang lagi yang belum divaksin. ''Makanya kita ingatkan kembali untuk melakukan berbagai cara untuk membujuk masyarakat,'' tutupnya

     

    Reporter        : Pinten S.

    Editor             : Riswan Pasaribu


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pemkab Targetkan Vaksin 70%, Ternyata Tidak Direspon Masyarakat Kelurahan Pematang Reba

    Terkini

    Iklan

    Close x