Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    DPRD Jabar inisiasi Farmers Market untuk kesejahteraan petani

    HARIAN BERANTAS
    07/12/2021, 17:43 WIB Last Updated 2021-12-12T05:48:36Z
    Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKS, Didi Sukardi (DOK/ FOTO ISTIMEWA)


    HARIAN BERANTAS.COM - Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKS, Didi Sukardi menggagas konsep Pasar Tani sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga minimal.

     

    Didi menamakan idenya sebagai Pasar Tani KDS (Pasar Tani Kang Didi Sukardi) yang diresmikan di Saung Sawah Sukamaju, Ciamis, Selasa (12/07/2021).

     

    “Saya Didi Sukardi melaunching Pasar Tani KDS. Jadi, Pasar Tani ini nantinya akan menghubungkan produksi pertanian dari petani untuk dijual ke konsumen akhir. Nah, yang menghubungkan petani dan konsumen akhir itulah yang kita sebut dengan Pasar petani (Farmers Market),” kata Didi.

     

    Tujuan utama dari ide ini, kata Didi, adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Karena kesejahteraan petani sendiri dapat diukur dari seberapa besar harga jual hasil produksinya kepada konsumen.

     

    Jika petani menjual hasil pertaniannya dengan harga murah ke tengkulak, maka petani akan merugi. Selama ini produk pertanian yang didistribusikan ke pasar harus melewati rantai distribusi yang kompleks.

     

    Sehingga saat produk sampai ke tangan konsumen, harganya sudah tidak bersahabat lagi karena sudah dipotong di tengah jalan. Sedangkan pada rantai pertama, petani tidak bisa berbuat banyak. Dengan demikian, lanjut Didi, kehadiran pasar tani dinilai efektif menghubungkan petani dan konsumen secara langsung.

     

    “Saya di sini untuk menghubungkan itu semua agar tingkat kesejahteraan petani meningkat. Mengapa? Karena kita akan membeli harga dari petani jauh lebih tinggi dari biasanya. Dan kita akan menjual ke konsumen dengan harga jual yang jauh lebih murah dari harga pasar,” ungkap Didi.

     

    Selain itu, Didi juga menegaskan bahwa ide pendirian Pasar Tani KDS ini semata-mata untuk menjawab kekhawatiran petani terhadap rendahnya harga jual. Akibatnya, petani tidak bisa menikmati hasil yang memuaskan dari menjual produknya.

     

    “Pertanyaannya kenapa KDS Farmer's Market bisa seperti itu? Karena ada disparitas harga ketika kita mampu memperpendek rantai distribusi. Bayangkan dari petani langsung ke konsumen, kita potong mata rantai distribusinya.Yang kita pangkas itulah yang kemudian kita bagi keuntungannya, yang petama untuk petani yang kedua untuk konsumen akhir,” pungkasnya.

    (rp)


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • DPRD Jabar inisiasi Farmers Market untuk kesejahteraan petani

    Terkini

    Iklan

    Close x