Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Abaikan UU Ketenagakerjaan, Mirwansyah SH, MH Laporkan PT. PDR ke Disnaker Riau

    HARIAN BERANTAS
    15/12/2021, 09:13 WIB Last Updated 2021-12-15T04:44:33Z
    Mirwansyah S.H., M.H didampingi rekannya Rahmat Isra S.H beserta 5 (lima) mantan karyawan PT PDR lainnya saat jumpa pers di halaman Disnaker Provinsi Riau, Selasa (14/12/2021). (DOK/HARIAN BERANTAS/2021)


    HARIAN BERANTAS, PEKANBARU - Mirwansyah S.H., M.H didampingi rekannya Rahmat Isra S.H beserta 5 (lima) orang lainnya mantan karyawan PT PDR, mendatangi Disnaker Provinsi Riau untuk melaporkan kasus pengabaian UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dalam hal pemutusan hubungan kerja sepihak oleh perusahaan PT. PDR, Selasa (14/12/2021).

     

    Informasi yang diperoleh Harian Berantas, setelah laporan diterima, kelima (5) mantan pegawai PT PDR tersebut langsung menggelar konferensi pers di halaman depan Disnakertrans Provinsi Riau.

     

    kepada sejumlah wartawan Mirwansyah S.H., M.H., dan Rahmat Isra S.H., menyatakan bahwa yang mereka perjuangkan adalah hak-hak karyawan sebagaimana diatur dalam Pasal 156 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dalam hal uang pesangon.

     

    “SOP Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) telah dilanggar oleh manajemen PT PDR. Semuanya telah melanggar aturan yang berlaku, dan tindakan mereka (perusahaan) seperti ini tidak dibenarkan. Kami akan menyelesaikan masalah ini jika perlu membawa ke meja sidang,” kata Mirwansyah SH, MH

     

    Mirwansyah S.H., M.H kembali menegaskan bahwa tindakan perusahaan PT. PDR untuk memecat pegawainya secara sepihak belum melalui prosedur SP-1, 2 dan SP-3. Ia menilai kelima (5) karyawan ini yang langsung dipecat tanpa pesangon ini merupakan tindakan yang tidak manusiawi.

     

    ''Mereka ini manusia, bukan binatang, jadi tolong hargai kinerja mereka selama 10 tahun bersama perusahaan," kata pengacara yang sudah malang melintang menangani kasus di Provinsi Riau dan luar Riau ini.

     

    Sementara itu, Rahmat Isra S.H., mengakui bahwa 5 (lima) kliennya yang diberhentikan secara sepihak oleh perusahaan merupakan karyawan berprestasi di PT PDR tempat mereka bekerja.

     

    “Sungguh disayangkan sikap yang diambil oleh pihak manajemen PT PDR yang melakukan pemutusan hubungan kerja sepihak tanpa pesangon terhadap karyawan mereka. Padahal mereka dulunya adalah karyawan berprestasi, seharusnya pihak manajemen tidak semena-mena begini, “ tuturnya.

     

    Kemudian lanjut Rahmat Isra S.H, manajemen perusahaan ini sudah beberapa kali disomasi namun somasi tersebut tidak digubris. Ia mengatakan, perlakuan yang dinilainya tidak manusiawi itu tentu menjadi preseden buruk dalam dunia kerja, terutama bagi lima pegawai yang diberhentikan secara sepihak oleh manajemen yang tidak paham UU Ketenagakerjaan.

     

    Hal senada dikatakan Ruslian Juliardi (Karyawan) mewakili teman-temannya yang diberhentikan secara sepihak oleh PT. PDR, Bahwa mereka berlima pernah dimintai oleh PT. PDR untuk mengundurkan diri, tetapi mereka tidak mau menurutinya.

     

    ''Kemudian dikeluarkan surat pemutusan hubungan kerja tanpa alasan apapun dan tanpa pesangon. Kami berlima tidak terima cara perusahaan mengabaikan hak kami sebagai karyawan. Yang kami inginkan, pesangon kami dibayar oleh perusahaan,'' kata Ruslian penuh harap.

     

    Menanggapi laporan resmi berita acara kantor hukum Mirwansyah SH, MH, mediator Disnakertrans Provinsi Riau, Martha Fery di hadapan wartawan mengatakan, laporan yang baru diterima pihaknya akan dipelajari sembari menunggu disposisi pimpinan Disnakertrans Riau.

     

    ‘’Surat masuk tentunya akan ditanggapi segera setelah ada disposisi pimpinan. Mediator akan memanggil para pihak nantinya,’’tutup Fery.

     

    (Ap)

    Editor : Riswan Pasaribu


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Abaikan UU Ketenagakerjaan, Mirwansyah SH, MH Laporkan PT. PDR ke Disnaker Riau

    Terkini

    Iklan

    Close x