• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Dukung Kinerja ASN, BKD Akan Luncurkan Jabar SMART Birokrasi

    HARIANBERANTAS
    11/11/21, 09:20 WIB Last Updated 2021-11-12T23:21:46Z

    Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jabar Yerry Yanuar.
     
    HARIAN BERANTAS, KOTA BANDUNG - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus melahirkan inovasi. Kali ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar akan meluncurkan Jabar SMART Birokrasi untuk menunjang kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar.
     
    Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar mengatakan, Jabar SMART Birokrasi bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada ASN agar dapat fokus berkinerja dan meningkatkan performa sebagai pelayan publik.
     
    “Dengan ASN dapat fokus berkinerja terbaik, maka masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang optimal dari ASN Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” ucap Yerry dalam AJIB (ASN Jabar Ikut Bicara) PODCAST EP.28.
     
    "Tujuh Aplikasi Layanan Kepegawaian telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat (SIAp Jabar). Selain itu juga, telah terintegrasi dengan Sistem TTE (Tanda Tangan Elektronik) BSRE yang akan memaksimalkan pelayanan kepada pegawai,” tambahnya.
     
    Adapun tujuh Aplikasi Layanan Kepegawaian Online dalam Jabar SMART Birokrasi, yakni (1) e-Cuti untuk pengelolaan cuti PNS, (2) e-Fungsional untuk pengajuan kompetensi dan pengangkatan Jabatan Fungsional, (3) e-Kartu untuk fasilitasi penerbitan Kartu Istri, Kartu Suami, Kartu Pegawai dan Kartu Taspen.
     
    Kemudian, (4) e-KGB untuk proses kenaikan gaji berkala, (5) e-Mutasi untuk manajemen dan pengajuan perpindahan PNS antarperangkat daerah, (6) e-Pangkat untuk pengelolaan kenaikan pangkat PNS dari pengusulan sampai cetak SK, dan (7) e-Pensiun untuk pengajuan pensiun dari pengusulan sampai cetak SK Pensiun.
     
    Yerry menuturkan, selain tujuh aplikasi tersebut, BKD Jabar juga mengembangkan Fitur Executive Dashboard Kepegawaian yang berfungsi untuk memantau sejumlah aspek. Salah satunya aspek kompetensi dan pencapaian kinerja pegawai sehingga manajemen ASN Pemda Provinsi Jabar dilakukan secara akurat dan berbasis data.
     
    “Pimpinan bisa mendapatkan informasi tentang aspek-aspek apa sajakah yang harus diusahakan untuk ditingkatkan di instansi masing-masing dalam rangka mencapai ASN Jabar yang profesional, andal, dan memberikan layanan prima kepada masyarakat,” tuturnya.
     
    Ada banyak dampak positif dari Jabar SMART Birokrasi, mulai dari efisiensi waktu, efektivitas SDM, kemudahan pengerjaan, menghindari pungutan liar, hemat penggunaan kertas, memudahkan monitoring dan tracking pengajuan, sampai mengatasi kendala akses untuk pegawai.
     


    Yerry mengatakan, aplikasi-aplikasi hasil inovasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mengakses layanan kepegawaian yang dibutuhkannya.
     
    “Aplikasi Layanan tersebut dapat diakses melalui Aplikasi SIAp Jabar dengan sistem Single Sign On (SSO), jadi pegawai cukup masuk ke Aplikasi SIAp Jabar, maka secara otomatis pegawai sudah dapat mengakses seluruh aplikasi Layanan Kepegawaian tersebut melalui Aplikasi SIAp Jabar,” jelasnya.
     
    "Pengembangan aplikasi-aplikasi ini sudah dilakukan secara bertahap sejak Juni 2020 dan terus di sempurnakan. Pada 2021, dilakukan serangkaian uji coba untuk penyempurnaan aplikasi dan integrasi dengan sistem TTE BSRE sehingga proses layanan online di aplikasi bisa berjalan semakin efektif, efisien, dan aman,” imbuhnya.


    (rp)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Dukung Kinerja ASN, BKD Akan Luncurkan Jabar SMART Birokrasi

    Terkini

    Iklan

    Close x