• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Pilkades Inhu Tinggal Menunggu Hari, Desa Sungai Akar Butuh Keadilan

    HARIANBERANTAS
    10/19/21, 17:38 WIB Last Updated 2021-10-19T10:38:56Z


    Bahrum saat menunjukkan bukti laporan ke Polres Inhu

    HARIAN BERANTAS, INHU- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tinggal hitungan hari. Namun masyarakat khusus Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal, masih mempersoalkan panitia pelaksana Pilkades serentak tersebut.


    Berdasarkan data serta laporan dari sejumlah masyarakat yang diterima media ini diantaranya Bahrum alias Tio ( 53 ) penduduk desa sungai akar yang sudah berulang kali melayangkan laporan / pengaduan kepihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Inhu , yang ditembuskan kepihak Kapolsek Batang Gansal sebagai aparat hukum dan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ),namun tidak pernah mendapat tanggapan.


    Objek laporan adalah terkait proses pembentukan panitia Pilkades yang tidak mengacu pada ketentuan yang berlaku. Meskipun di protes, namun pelantikan ‘ Asef ‘ sebagai ketua panitia tetap berlangsung dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) Desa Sungai Akar yang diduga tidak berlaku. Dimana Asep bukan penduduk Inhu melainkan Kabupaten Bengkalis sebagaimana surat pindah dari Disduk Capil Inhu pada tanggal 28 Agust 2020 silam sebagaimana dipublikasikan media harian berantas pada bulan Juni 2021 lalu. Kata Tio, Senin (18/10/2021)


    Ditambahkan Tio, setelah identitas Asef ini terbongkar melalui berita harian berantas saat itu terjadi pelantikan ke dua kepada orang yang sama di Kantor Desa Sungai Akar dengan menggunakan nama yang berbeda yakni dari nama Awal Asef menjadi Nursal. Padahal orangnya sama.


    Anehnya jelas Tio, saat hasil proses penyaringan bakal calon berakhir, yang bertanda tangan kok ‘ Nursal ‘ sebagai ketua panitia, sedangkan dipenyaringan Asef. Artinya disini sudah menggunakan identitas ganda.


    Kenapa orang yang sama dua kali di lantik dengan menggunakan identitas palsu. Hal ini tidak bertentangan dengan aturan hukum yang merujuk pada tindak pidana? 


    Patut diduga adanya pembiaran dari pihak PMD dan Camat yang menjadi pemicu bakal ricuh pada saat pelaksanaan Pilkades nanti. Apapun resiko yang akan timbul, karena surat laporan saya (Tio,red) berulang kali di layangkan tidak ada tanggapan.


    Terakhir Tio kembali mengirim surat ke Bupati, Komisi III DPRD Inhu, Kejari Rengat, Pengadilan Negeri Rengat, Kapolres Inhu, Dandim, Kapolda Riau, Camat, BPD dan Dinas PMD, dengan tujuan untuk menuntut keadilan, Tuturnya.


    Tio menegaskan "Bahwa Pilkades Sungai Akar pada 27/10/21 mendatang kotak suara akan dimasukkan semua kemobilnya dan dibawa Ke Kantor Desa juga akan untuk melaporkan ke penegak hukum, Apapun resikonya saya siap menghadapinya demi keadilan, Tegasnya.


    Kepala Dinas PMD melalui Kabid Pemdes Kabupaten Inhu, Yenni Elita membenarkan surat laporan Tio. “Benar surat laporan saudara Bahrum ada masuk ke dinas PMD hanya saja masih menunggu pimpinan untuk di rapatkan”singkatnya.


    Sementara Camat Batang Gansal melalui Kasi Pemdes, Azasi mengaku akan berkordinasi dengan Camat. *** (Pinten S)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pilkades Inhu Tinggal Menunggu Hari, Desa Sungai Akar Butuh Keadilan

    Terkini

    Iklan

    Close x