• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Iklan

    Diduga Menghina Suku Nias , Condrat Sinaga Dipastikan Akan Berurusan Dengan Hukum

    HARIANBERANTAS
    10/18/21, 19:39 WIB Last Updated 2021-10-18T12:39:49Z

    HARIAN BERANTAS, PEKANBARU- Organisasi masyarakat (Ormas) Nias yakni Orahua Nias Nusantara (ONUR) diwakili Ketua Umum Asoaro Gea, S.H., M.H, Ketua 1 ONUR Toronaso Zebua, Wasekjend, Ferlin Gulö dan Danton Satgas ONUR Desearo Zalukhu menempuh jalur hukum dengan membuat laporan Polisi  di Kepolisian Daerah Riau, Minggu (17/10/2021) dengan laporan teregister bernomor STPL/B/435/X/2021/ SPKT/POLDA RIAU atas pernyataan atau tuduhan postingan berupa video pada akun facebook CONDRAT SINAGA  yang dianggap mengandung unsur SARA dengan link https://www.facebook.com/profile.php?id=100008573174843.

    Apa yang dilontarkan Condrat Sinaga sangat tidak benar dan tidak manusiawi, sehingga suku Nias pada umumnya tidak terima perilaku yang dinilai sengaja dikarang atau fitnah ehingga viral dimana-mana melalui media elektronik.

    Organisasi Nias atau ONUR menyatakan sikap dan menghimbau:

    Bahwa oleh karena kita Negara Hukum maka ONUR menyerahkan perkara ini ke pihak berwajib.

    Bahwa pernyataan CONDRAT SINAGA yang mengatakan bahwa setiap laki-laki suku Nias yang menikah, akan patuh terhadap orang tua sehingga memberikan penghargaan yang besar kepada orang tuanya dengan menyerahkan perawan istrinya. Ini merupakan pernyataan yang tidak benar dan tidak logis serta di Suku Nias tidak pernah ada perlakuan tersebut dan ini sangat melukai hati dan menghina masyarakat/ Suku Nias.

    Bahwa Suku Nias memiliki hukum adat yang masih dilestarikan sampai sekarang dan oleh karenanya CONDRAT SINAGA harus mempertanggungjawabkan pernyataannya baik secara adat istiadat maupun secara hukum. 

    Agar tidak ada CONDRAT SINAGA yang baru lagi membuat pernyataan menyakitkan hati dan menghina Suku Nias.

    Suku Nias adalah merupakan suatu kebanggaan yang memiliki budaya yang unik dan tidak dapat disamakan dengan suku lain, dan tentunya kita semua harus bangga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan suku Nias.

    Kepada Masyarakat Nias dan warga ONUR pada khususnya agar menahan diri dan  tetap menyerahkan kasus penghinaan luar biasa tersebut ke proses hukum yang berlaku, sehingga seluruh warga ONUR untuk tidak mengeluarkan pendapat yang mengarah pada membangun kebencian terutama dalam media social (Medsos).

    ONUR mengundang dan mengharapkan kepada setiap masyarakat Nias untuk bersama-sama kita mengawal proses hukum berikutnya.* (RED)

    Editor: Naso Laia
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Diduga Menghina Suku Nias , Condrat Sinaga Dipastikan Akan Berurusan Dengan Hukum

    Terkini

    Iklan

    Close x