Iklan

iklan

Iklan

CB Rent Cars
,

Iklan

Settia

Tak Butuh Waktu Lama Polsek Kandis Berhasil Mengungkap Kejahatan Curat

24 Sep 2021, 22:33 WIB Last Updated 2021-09-24T15:33:37Z

Kapolsek Kandis Kompol Indra Rusdi di halaman Mapolsek Kandis, Jumat (24/9/21)

HARIAN BERANTAS, SIAK - Polsek Kandis berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi di PT. Ivomas, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Demikian disampaikan Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto melalui Kapolsek Kandis Kompol Indra Rusdi di halaman Mapolsek Kandis, Jumat (24/9/21) pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam penjelasannya, Indra mengatakan peristiwa yang menimpa PT. Ivoma, menurut keterangan Pelapor, terjadi pada Rabu, 22 September 2021, sekitar pukul 12.00 WIB. 

Saat itu pelapor melihat  adanya mobil Hilux warna hitam nomor B 9447 PBA yang digunakan pelaku sedang keluar dari workshop yang mengundang kecurigaan pelapor lantaran mobil tersebut dalam keadaan bermuatan berat.

Kemudian pelapor mengikuti mobil itu keluar dari workshop bersama Saksi I dan berhenti di tempat penjualan besi tua / bekas di Surya Minang Kandis.

Setelah mengetahui keberadaan mobil, pelapor kemudian kembali ke kantor Kbeun Libo untuk menjemput saksi lain yang tak lain merupakan pimpinan pelapor.

Selanjutnya atas perintah pimpinannya itu, pelapor bersama dengan atasannya  ini pergi ke lokasi penjualan besi tua bekas dan sesampainya di lokasi, pelapor melihat barang milik  workshop PT. Ivomas Tunggal Libo berupa 2  (dua) pcs Hyd Cyl, 2 (dua) pcs Titl Cyl, 1 (satu) pcs tabung lift, 1 (satu) pcs Control Valve bekas, 1 (satu) pcs Trade Link bekas, 2 (dua) pcs besi H, 1 (satu) pcs tapak Shoe Excavator, 1 (satu) pcs Hadle traktor yang sudah ada di tempat penjualan besi bekas ini.

“Kemudian pelapor atas perintah pimpinannya, langsung berkoordinasi dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kandis pada hari Rabu ( 22/9/2021) sekira pukul 17.00 Wib untuk segera menemukan dan mengamankan para terduga pelaku pencurian tersebut,” kata Kompol Indra.

Indra menjelaskan, berdasarkan laporan dan keterangan pelapor, Ia langsung memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Faisal beserta anggota Piket Reskrim dan Piket SPK  untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Dari hasil olah TKP dan penyelidikan diketahui ada 3 nama yang diduga sebagai pelaku yaitu JFZ, LMS, dan HM. Dan tidak butuh waktu lama, Tim berhasil mengamankan ketiga pelaku dan setelah itu dilakukan pemeriksaan terhadap para terduga pelaku, ketiganya mengakui perbuatannya dan telah menjual barang curian tersebut kepada sdr IR di Surya Minang. Selanjutnya ketiga pelaku dan seorang penadah dibawa ke Polsek Kandis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kompol Indra.

Dari ketiga pelaku dan satu orang penadah tersebut diamankan barang bukti berupa : 
- 2  (dua) pcs Hyd Cyl
- 2 (dua) pcs Titl Cyl
- 1 (satu) pcs tabung lift
- 1 (satu) pcs Control Valve bekas
- 1 (satu) pcs Trade Link bekas
- 2 (dua) pcs besi H
- 1 (satu) pcs tapak Shoe Excavator
- 1 (satu) pcs Handle traktor
- 1 (satu) unit mesin las Asetelin
- 1 (satu) buah timbangan duduk
- 1 (satu) unit mobil Toyota Hilux B 9447 PBA
- uang tunai sebesar Rp. 1.600.000,- (satu juta enam ratus ribu Rupiah) dengan rincian uang pecahan Rp. 100.000,-(seratus ribu Rupiah) sebanyak 16 (enam belas) lembar hasil penjualan barang hasil curian tersebut. 

" Ketiga pelaku akan kita jerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke 4 KUHPidana dan penadah nya  Pasal 480 KUHPidana" ucapnya.

Sementara itu, Agung selaqku humas yang mewakili pimpinan PT Ivomas menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas keberhasilan Polsek Kandis dan jajarannya yang telah cepat mengungkap perkara curat yang merugikan PT.Ivomas dalam waktu singkat. 

“Kami atas nama Manajemen PT Ivomas sangat berterima kasih dan mengapresiasi keberhasilan Kandis Polres dalam mengungkap kasus pencurian yang kami laporkan dengan cepat. Kami mendukung upaya penegakan hukum oleh kepolisian Kandis khususnya tindak pidana yang terjadi di bidang usaha perkebunan dan tindak pidana lainnya, sehingga tercipta iklim usaha dan suasana Kamtibmas yang kondusif,” kata Agung.


MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_