Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Deklarasi Pelantikan PDNI, Bupati Amizaro Waruwu Ajak Doktor Bangun Kepulauan Nias

15 Sep 2021, 10:12 WIB Last Updated 2021-09-15T03:12:39Z

HARIANBERANTAS, JAKARTA - Persatuan Doktor Nias Indonesia (PDNI) resmi dideklarasikan sekaligus pengukuhan pengurus secara virtual dan disiarkan langsung melalui YouTube, Minggu (12/09/2021) pukul 15.00 WIB.

Acara yang dipandu langsung oleh Dr. Marinus Waruwu penuh hikmah dan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pencanangan dan Pelantikan Kepengurusan PDNI, Dr Dermawan Waruwu dalam laporannya yang dibacakan Dr Sun Theo CL Nduru mengatakan, jumlah anggota PDNI yang tercatat sejauh ini mencapai 88 orang. Sementara itu, 41 pengurus PDNI yang dilantik sebagian besar berdomisili di seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai disiplin ilmu dan agama.

Para peserta yang mengikuti deklarasi sekaligus pelantikan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh dari berbagai kalangan yaitu Dewan Pembina, Kepala Daerah, anggota DPR RI, DPRD, Tokoh Masyarakat Nias, tokoh spiritualis, masyarakat Nias, dan beberapa tamu undangan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk tamu undangan dari luar masyarakat Nias yaitu Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE, MMA., MA selaku Rektor Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali dan Pastor Johannes M. Hämmerle, OFMCap dari Jerman yang pernah tinggal di Indonesia sejak lama yaitu Pendiri Museum Pusaka Nias.

Deklarasi dibacakan oleh Dr. Talizaro Tafona'o, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah terbentuknya PDNI oleh Dr. Liyus Waruwu.

Dalam pemaparan sejarah ini terungkap bahwa PDNI memiliki kerinduan dan cita-cita untuk mengembangkan potensi Kepulauan Nias sesuai kompetensi dan keahlian para Dokter yang ada.

Pelantikan pengurus PDNI Periode I (Pertama) Tahun 2021 – 2024 dipimpin Dewan Pembina Prof. Dr. Ir. Arwin Sabar, M.Si dengan menyerahkan petaka secara simbolis kepada ketua Umum terpilih Dr. Dermawan Waruwu, M.Si.

Dalam Surat Keputusan (SK) Majelis Dewan Pembina yang dibacakan Dr. Alpius Sarumaha tentang Susunan Pengurus Harian yaitu ketua dipercayakan kepada Dr. Dermawan Waruwu, M.Si didampingi oleh beberapa wakil ketua yaitu Dr. Ir. Syukur Rahmat Gulo, M.Th (Wakil Ketua I); Alpius Sarumaha, S.H., M.H (Wakil Ketua II).

Selain itu, untuk merumuskan program kerja ke depan diangkat Sekretaris Jenderal yaitu Dr. Liyus Waruwu, M.Th, Wakil Sekretaris I Dr. Suardin Gaurifa, M.Th, Wakil Sekretaris II Dr. Dian Rahmani Putri Zalogo, SS, M. Hum. Sedangkan untuk pengelolaan keuangan, Bendahara Umum, Dr. Talizaro Tafona'o, M.Pd.K, Wakil Bendahara I Dr. Dorkas Orienti Daeli, M.Th dan Wakil Bendahara II Dr. Kasianus Telaumbanua, S.H., M.H.

Demi mencapai tujuan yang di inginkan oleh para Doktor ini pengurus departemen lainya, antara lain Dr. Sun Theo C.L. Ndruru, M.Si (Ketua Departemen Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian); Dr. Hadirat Manao, S.H., M.H (Ketua Departemen Sosial Budaya); Dr. Nimerodi Gulo, S.H., M.H (Ketua Departemen Hukum dan HAM); Dr. Marinus Waruwu, M.Pd (Ketua Departemen Pelatihan dan Ketenagakerjaan); Dr. Diyurman Gea, S.Kom., M.M (Ketua Departemen Teknologi, dan Informasi); dan Dr. Taosige Wa’u, M.Si (Ketua Departemen Kewirausahaan). 

Dalam sambutannya, ketua terpilih, Dr. Dermawan Waruwu menyampaikan bahwa PDNI bekerja secara profesional yaitu “Bergerak senyap, PDNI Menjadi Berkah”.

''Sebab, PDNI bukanlah organisasi sembarangan yang bersifat eksklusif atau ajang kesombongan, melainkan PDNI menjadi wadah untuk melakukan karya nyata bagi pengembangan potensi Kepulauan Nias,'' Katanya

Dermawan mengatakan jika PDNI terpanggil untuk melayani sesama melalui keahlian sesuai bidang keilmuannya masing-masing. Visi organisasi ini adalah mewujudkan masyarakat Kepulauan Nias yang berdaya saing di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

''Visi ini dijabarkan dalam empat Misi utama yaitu Pertama, mendorong penyiapan seluruh potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat di Kepulauan Nias melalui penelitian dan pengabdian; kedua, berpartisipasi dalam percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM); ketiga, menjalin kerja sama dengan pemerintah dan atau lembaga masyarakat untuk mencapai tujuan kemajuan daerah di Kepulauan Nias, keempat, mendorong revitalisasi adat istiadat di Kepulauan Nias,'' Bebernya

Dermawan menambahkan, logo berbentuk spektrum itu ditampilkan saat pelantikan pengurus PDNI yang mencirikan generasi milenial, kreatif, dan inovatif.

''Logo ini memiliki arti yaitu warna hitam bermakna peradaban yang kuat; warna merah bermakna berani dan berjiwa pejuang; warna kuning bermakna kesejahteraan; tiga bintang bermakna telah mencapai puncak; tangan mengangkat topi toga bermakna sukacita dalam meraih cita-cita; sedangkan bendera berbentuk persegi panjang dengan warna dasar putih dan logo terletak di tengah yang mencerminkan ketulusan dan kemurnian hati dalam mengembangkan potensi Kepulauan Nias.,''ungkapnya.

Menurutnya, dalam forum ini para Doktor diuji untuk menyumbangkan ilmunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Nias. PDNI tidak bertujuan untuk menjadi pesaing pemerintah daerah atau lembaga lain, melainkan untuk menjalin kemitraan dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian, dan berbagai instansi untuk bersama-sama memajukan Kepulauan Nias.

PDNI terpanggil untuk melayani dalam rangka mengoptimalkan potensi SDA dan SDM di Kepulauan Nias. Menurut Dr. Dermawan bahwa PDNI telah merumuskan berbagai program kerja dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang tercantum pada: Departemen Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian; Ketua Departemen Sosial Budaya; Departemen Hukum dan HAM; Departemen Pelatihan dan Ketenagakerjaan; Departemen Teknologi, dan Informasi; dan Departemen Kewirausahaan. Tentu saja departemen-departemen ini akan terus berkembang sesuai kebutuhan organisasi serta kebutuhan masyarakat Kepulauan Nias.

Ia menambahkan, Peran pendidikan sangat penting dalam rangka memajukan SDA maupun SDM di kepulauan Nias. Oleh karenanya, PDNI akan berupaya untuk menemukan berbagai beasiswa pendidikan, di samping juga melaksanakan riset/penelitian serta pengabdian masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf pendidikan di Nias.

Selain itu PDNI juga bergerak di berbagai sektor ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial-budaya, serta mendidik para pemuda untuk menumbuhkan jiwa kemandirian, wirausaha, serta mampu menciptakan lapangan kerja di tanah sendiri. Kehadiran PDNI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat Nias pada umumnya dan masyarakat Indonesia secara umum. 

Mengakhiri pidatonya, Dr. Dermawan yang berdomisili di Kota Denpasar – Bali dan Dosen Universitas Dhyana Pura Bali mengatakan bahwa ingatlah selalu PDNI saat merindukan perubahan dan pengembangan Kepulauan Nias. Hal ini bertujuan agar Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta lembaga terkait lainnya dapat memberdayakan atau menjalin kerja sama dengan para Doktor yang tergabung dalam PDNI untuk membangun dan mengembangkan Kepulauan Nias

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Kepala Daerah se-Kepulauan Nias (Forkada) yang sekaligus sebagai Bupati Nias Utara, Bapak Amizaro Waruwu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi Kepulauan Nias yang secara umum masih sangat sederhana dan lapangan kerja yang terbatas. 

Waruwu mengatakan, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian, yakni pertama, Sumber Daya Manusia, dan yang kedua, yang sangat penting adalah kurangnya sumber dana untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Kepala Daerah se-Kepulauan Nias (Forkada) yang sekaligus sebagai Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, dalam sambutannya menambahkan bahwa kondisi Kepulauan Nias yang secara umum masih sangat sederhana dan lapangan yang terbatas.

Waruwu mengatakan, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian, yakni pertama, Sumber Daya Manusia, dan yang kedua. 

''Yang sangat penting adalah kekurangan sumber dana untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada,''ungkapnya.

Selain itu, kata Waruwu, Presiden Jokowi mengakui keunggulan Kepulauan Nias saat berkunjung ke Nias, yakni perikanan dan pariwisata. Oleh karena itu, ia berharap para Doktor dapat menyumbangkan kerjasama, ide, dan hasil penelitiannya untuk memajukan Kepulauan Nias.

''Masyarakat Nias bangga memiliki Doktor yang tergabung dalam PDNI dengan ilmu yang berbeda. Kehadiran PDNI menjadi kekuatan dahsyat bagi kemajuan Nias,'' tutupnya.

Mewakili Dewan Pembina PDNI yang sekaligus sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Prof. Dr. Fakhili Gulo, menyampaikan bahwa Perkumpulan Doktor Nias Indonesia diharapkan dapat menjadi wadah aspirasi, secara khusus bagi masyarakat Nias, maupun masyarakat lainnya.

''Menjadi perkumpulan yang berbahagia dan membahagiakan. Marilah membuka diri untuk bekerja sama dengan Pemerintah, dengan menyatukan perspektif dengan diskusi dan komunikasi yang sangat baik dan instensif untuk bersama-sama memberikan kemajuan baik bagi diri sendiri, organisasi dan juga bagi pihak-pihak lain; bagi Kepulauan Nias dan bagi Indonesia. Antusias masyarakat Nias serta undangan dalam mengikuti pelantikan Pengurus PDNI cukup tinggi, sehingga Dr. Syukur Rahmat Gulo, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya para undangan,''ucapnya.

Berikut Susunan  Pengurus Perkumpulan Doktor Nias Indonesia (PDNI)
DEWAN PEMBINA

Prof. Yasonna H. Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D
Prof. Suahasil Nazara, Ph.D.
Prof. Dr. Ir. Arwin Sabar, M.S.
Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si.
Dr. Sitasi Zagoto, M.A.
Saharman Gea, Ph.D.

BADAN PENGURUS HARIAN

Ketua Umum : Dr. Dermawan Waruwu, M.Si.
Wakil Ketua Umum I : Dr. Ir. Syukur Rahmat Gulo, M.Th.
Wakil Ketua Umum II : Dr. Alpius Sarumaha, S.H., M.H.
Sekretaris Umum : Dr. Liyus Waruwu, M.Th.
Wakil Sekretaris Umum I : Dr. Suardin Gaurifa, M.Th.
Wakil Sekretaris Umum II : Dr. Dian Rahmani Putri Zalogo,
  S.S., M.Hum.
Bendahara Umum : Dr. Talizaro Tafona’o, M.Pd.K.
Wakil Bendahara Umum I : Dr. Dorkas Orienti Daeli, M.Th.
Wakil Bendahara Umum II : Dr. Kasianus Telaumbanua, 
  S.H., M.H.

DEPARTEMEN-DEPARTEMEN

a. Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian 
Ketua : Dr. Sun Theo C.L. Ndruru, M.Si.
Anggota :
1. Dr. Yasarotodo Wa’u, M.Pd.
2. Dr. Sonny Eli Zaluchu, M.A., M.Th., D.Min., D.Th., CIQnR
3. Dr. Drs. Wa’ozisokhi Nazara, M.Hum.
4. Dr. Sudirman Lase, M.Pd.K.

b. Departemen Sosial Budaya

Ketua : Dr. Hadirat Manao
Anggota
1. Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si.
2. Dr. Foluaha Bidaya, B.Th., S.Th., M.Div., M.Th.
3. Dr. Kasieli Zebua, M.Th.
4. Dr. Marinus Gulo, M.Th.
5. Dr. Hasanema Wa’u, M.Th.

c. Departemen Hukum dan HAM

Ketua : Dr. Nimerodi Gulo, S.H., M.H.
Anggota
1. Dr. Finsensius Mendrofa, S.H., M.H.
2. Dr. Ricky Perdana Waruwu, S.H., M.H.
3. Dr. Disiplin Manao, S.H., M.H., D.Th.
4. Dr. Yuspan Zalukhu, S.H., M.H., D.Th.

d. Departemen Pelatihan dan Ketenagakerjaan

Ketua : Dr. Marinus Waruwu, M.Pd
Anggota
1. Dr. Amiziduhu Mendrofa, S.H., M.H.
2. Dr. Ahmad Kultur Hia, S.E., M.M., CSP.
3. Dr. Ir. Perlin Zebua, M.M., M.Th.
4. Dr. Martiman Suaizisiwa Sarumaha, M.Pd.
5. Dr. Ir. Yasozatulo Larosa, M.Pd.K., MAIE.

e. Departemen Teknologi Informasi

Ketua : Dr. Diyurman Gea, S.Kom., M.M.
Anggota
1. Dr. Fatolosa Telaumbanua, M.Pd., M.T.
2. Dr. Ayler Beniah Ndraha, S.S.T.P, M.Si.
3. Dr. Operianus Mendrofa, M.Pd. 
4. Dr. Elianus Telaumbanua, M.Th.

f. Departemen Kewirausahaan

Ketua : Dr. Taosige Wa’u, M.Si.
Anggota
1. Dr. Nasokhili Giawa, M.A., M.Th., CPLC.
2. Dr. Marthin Hulu, M.Th.
3. Dr. Zuniasa Nazara
4. Dr. Drs. Ibelala Gea, S.Th., M.Si.

(red)

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_