Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Mandau Akan Dimekarkan Menjadi Dua Kecamatan

8 Agu 2021, 19:39 WIB Last Updated 2021-08-09T08:17:00Z
Anggota DPRD Bengkalis Sanusi (Net)

HARIAN BERANTAS, BENGKALIS - Kecamatan Mandau merupakan wilayah yang paling diandalkan sebagai jantung penghasilan Kabupaten Bengkalis.

Kekayaan hasil bumi Kecamatan Mandau ini juga menjadi salah satu penyumbang penghasilan Negara Indonesia dan dunia yaitu Minyak yang dikelolah oleh Caltex atau Cevron selama ini.

Selain itu Mandau juga miliki wilayah yang paling luas, sehingga tidak heran jika Mandau menjadi jantung Kabupaten Bengkalis. Kini kabarnya Kecamatan Mandau akan dimekarkan menjadi dua kedepan. Hal itu dibenarkan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dari F PKS Sanusi, dihadapan awak media di Bengkalis, Sabtu (07/08/2021)

Dikatakan Sanusi, pihaknya akan memperjuangkan pemekaran Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Menjadi dua Kelurahan dan satu Desa, sehingga total menjadi empat Kelurahan/Desa kedepannya.

Dipaparkan Sanusi, Wilayah Kelurahan Duri Barat akan dimekarkan menjadi dua Kelurahan, Kelurahan Gajah Sakti juga dimekarkan menjadi dua Kelurahan, Kelurahan Talang Mandi dimekarkan menjadi Total tiga dan Kelurahan Pematang Pudu akan menjadi tiga kelurahan, Kelurahan pematang pudu menjadi empat Kelurahan. 

Sedangkan Wilayah Desa Bathin Betuah akan dimekarkan dengan masing-masing satu Desa, begitu juga Desa Harapan Baru dimekarkan satu Desa lagi, Kelurahan Babussalam dimekarkan satu Kelurahan menjadi dua, sehingga total pemekaran kelurahan baru ditambah Kelurahan induk dengantotal menjadi 20 Kelurahan dan 4 Desa. Sekecamatan Mandau. 

Sanusi berharap jika pemekaran Kelurahan dan Desa ini kedepan bisa tercapai sesuai harapan, maka akan direncanakan pemekaran Kecamatan tambahan. Harapnya

''Kita akan mekarkan satu  kecamatan lagi untuk Mandau, Kecamatan Baru ini nantinya akan diperjuangkan. Semoga Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Bengkalis. Karena ini merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan demi terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, adil dan makamur,''jarnya.

Ditambahkan Sanusi, persyaratan dasar yang harus dipenuhi yakni jumlah penduduk minimal, luas wilayah dan usia minimal. Jika dilihat dari syarat dasar tersebut maka kecamatan Mandau sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan sesuai pasal 18 peraturan pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan 

“Pembentukan kelurahan, harus memenuhi syarat dasar, Syarat Teknis dan Syarat Administratif. Sedangkan untuk jumlah Penduduk Mandau saat ini mencapai 150.806 jiwa,”tutup Sanusi.

( LS)

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_