Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Secara virtual, Pemkab Inhu Ikut Survei Kepuasan Lapor SP4N

1 Jul 2021, 20:12 WIB Last Updated 2021-07-02T06:49:04Z

Secara virtual, Pemkab Inhu Ikut Survei Kepuasan Laporan SP4N.
HARIANBERANTAS, INHU - Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri ikut berpartisipasi dalam Sosialisasi Hasil Survei Kepuasan “SP4N LAPOR" Secara Virtual, Kamis (7/1/2021). Hadir pada acara tersebut, Zulkarnaen perwakilan dari Organisasi Setda Inhu beserta jajarannya, Al Ichsan Perwakilan Inspektorat Inhu beserta jajarannya, dan  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu Jawalter. S, M.Pd.

Sosialisasi hasil survei kepuasan SP4N LAPOR dibuka langsung oleh Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik melalui live zoom webinar.

Survei kepuasan masyarakat menggunakan SP4N Lapor ini merupakan bagian dari kerjasama tripartit Kementerian PANRB dengan UNDP dan KOICA untuk menyusun strategi nasional sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang komprehensif dan terintegrasi.

Diah Natalisa mengatakan sosialisasi hasil survei kepuasan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas hasil penelitian dan mendorong keterlibatan masyarakat untuk lebih aktif dalam pelayanan publik, mendorong partisipasi masyarakat yang lebih luas untuk menggunakan SP4N Lapor.

“Sebesar 75,7% dari indeks kepuasan pengguna platform SP4N Lapor, secara umum mereka memiliki respon yang baik yang digunakan untuk menyampaikan keluhan, saran dan apresiasi kepada pemerintah,” jelas Diah Natalisa.

Sosialisasi ini disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu Ir. Iman Hilman, MM, Drs. Yanuar ahmad, MPA, Agung Hardjono, dan Meuthia G Rochman, Ph. D.

Menurut, Ir. Iman Hilman, MM selaku ketua tim peneliti dari PT. Prima pengelola IPB, menyebut secara umum responden puas dengan Lapor SP4N! Sebagai media penyampaian pengaduan dan SP4N Lapor dalam penanganan pengaduan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan indeks kepuasan masyarakat pengguna (75,7).

Ia melanjutkan, tingkat kepuasan pengguna tahun ini meningkat dibandingkan hasil survei tahun lalu. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata puas dan sangat puas (top two box) masing-masing atribut lebih tinggi dari tahun lalu. Atribut yang relatif rendah adalah kecepatan respon dari instansi terkait terhadap pengaduan yang disampaikan.

Dari hasil survei ditemukan beberapa rekomendasi kebijakan, salah satunya perlunya sosialisasi secara masif tentang keberadaan SP4N Lapor! Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Sosialisasi dilakukan melalui berbagai media khususnya media sosial dan untuk mendorong masyarakat menggunakan aplikasi SP4N-Lapor! di android karena akan lebih praktis dan mudah,” pungkas Iman

Iklan

iklan