Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Pelatihan Materi Pra UKW Tahap I yang diadakan oleh SPI Riau berjalan sukses

2 Jul 2021, 20:53 WIB Last Updated 2021-07-03T03:23:33Z

Pelatihan Materi Pra UKW Tahap I yang diadakan oleh SPI Riau berjalan sukses
Foto Narasumber Drs Pantas Sotompul yang akan memberikan materi pra UKW, Sekretaris Umum SPI yang juga Owner dan/atau Pemimpin Umum (PU) media Harian Berantas, B Naso.
HARIAN BERANTAS, RIAU - Dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), pelatihan materi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahap pertama yang dilaksanakan oleh Solidaritas Pers Indonesia (SPI), Kamis (7/1/2021) di aula daerah Jalan Pattimura Kota Pekanbaru -  Riau, mampu berjalan dengan sukses.

Untuk diketahui, pada kegiatan ini, selain narasumber Drs Pantas Sitompul yang akan memberikan materi pra UKW tersebut, tampak hadir juga Sekretaris Umum SPI yang juga Owner dan/atau Pemimpin Umum (PU) media Harian Berantas, B Naso. Sementara untuk peserta pelatihan materi Pra UKW kali ini dihadiri oleh 19 peserta dari berbagai media terbitan lokal maupun nasional. 

Ketua Umum (Ketum) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) Suriani Siboro dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan materi pra-UKW yang berjalan hari ini (Kamis-red), akan tetap dilaksanakan pada bulan berikutnya.

''Pelaksanaan pelatihan pra-UKW bagi jurnalis atau wartawan seperti yang kita lakukan saat ini masih dilakukan oleh Solidaritas Pers Indonesia atau SPI secara bertahap,” katanya.

Menurut Suriani Siboro, pelatihan materi Pra UKW yang diselenggarakan oleh SPI ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan jurnalis agar mampu menghadapi Uji Kompetensi wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan oleh Solidaritas Pers Indonesia bersama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi  (BNSP) di Provinsi Riau pada bulan September 2021 mendatang.

Pada kesempatan ini, PH Sitompul selaku pemberi materi, merasa bangga dengan peserta (Wartawan-red) Pra UKW tahap 1. 

“Saya sangat bangga dengan kehadiran rekan-rekan semua yang mau mendengarkan materi UKW ini. Karena tidak mudah mendapatkan izin jika pengujinya adalah instansi pemerintah yang sah,” jelas PH Sitompul.

Ditegaskan oleh Drs PH Sitompul, dalam Uji Kompetensi Wartawan ada beberapa hal yang harus diingat oleh seorang wartawan yaitu, apa itu wartawan, apa itu pers dan apa saja peran pers? Yang paling dikuatkan lagi, katanya, wartawan ber-etika, dan memiliki skill maupun kecakapan. 

''Semua jurnalis harus bisa mempersiapkan diri sebelum ujian, dan tidak boleh menantang atau melawan gurunya yang menguji, termasuk melawan organisasi penyelenggara ujian atau UKW.” terangnya.

(tim)
Editor : Riswan P

Iklan

iklan