Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Kota Tegal Terpilih Sebagai TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji

30 Jul 2021, 13:22 WIB Last Updated 2021-08-03T11:41:16Z

BERANTAS HARIAN, TEGAL - Melalui Surat Keputusan Menteri PANRB Nomor B/181/PP.00.05/2021 tanggal 29 Juli 2021, e-Kelurahan ( Pelayanan Surat Keterangan / Pengenalan Kelurahan dengan Tanda Tangan Elektronik) dari Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai perwakilan Kota Tegal, berhasil terpilih sebagai salah satu TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji atau TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik kategori umum.

Plt. Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal, Trisari Novianto dalam keterangannya mengatakan e-Kelurahan Innovation berhasil lolos seleksi TOP 99 Final setelah melalui tahap presentasi dan wawancara di depan Tim Penilai Independen KIPP 2021 pada 6 Juli 2021.

Sebagai peserta Lomba Kategori Umum, e-Kelurahan bersaing dengan 99 inovasi lainnya dari Kementerian, Lembaga Negara, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pengumuman pemenang Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dikuatkan dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1024 Tahun 2021 tanggal 28 Juli tentang Lomba Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021.

''Dalam Keputusan Menter tersebut disebutkan bahwa e-Kelurahan berhak menyandang predikat Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 bersama 45 inovasi kategori umum lainnya,” kata Trisari Novianto.

Disebutkan pula bahwa urutan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Lomba Inovasi Pelayanan Publik di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021 disusun berdasarkan abjad instansi dan tidak menggambarkan peringkatnya.

Hal ini menunjukkan bahwa e-Kelurahan sejalan dengan inovasi terpuji lainnya yang dilakukan oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Pemerintah Daerah lainnya di seluruh Indonesia.

“Dalam sesi presentasi dan wawancara tanggal 6 Juli 2021 yang dihadiri oleh Sekretaris Kota Tegal, Johardi yang didampingi inovator dari Diskominfo yang menjelaskan bahwa e-Kelurahan merupakan terobosan bagi Pemerintah Kota Tegal dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat, mudah dan terjangkau dari mana saja,” jelas Trisari Novianto, yang akrab disapa Ao.

Menurut Ao, Pemerintah Kota Tegal masih menunggu konfirmasi dari Panitia KIPP 2021 untuk waktu menerima penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP 2021.

Sebagai tambahan informasi, berikut data inovasi pelayanan publik Pemkot Tegal yang berhasil masuk Top Inovasi Tingkat Provinsi dan Nasional yaitu RS Kardinah dengan inovasi. “Pelayanan  Maternal Penderita HIV Positif (AIDS) di RSUD Kardinah dalam mendukung Program MDG’S di Kota Tegal” 

Sementara itu, untuk Top 99 KIPP KemenpanRB 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dengan “Ladis Song Malam-Layanan dengan Inovasi Simultan bagi Pengasong dan Masyarakat Lansia Terminal”.

Top 40 KIPP KemenpanRB 2018, DPMPTSP Kota Tegal
“Saklar” (Sedina Langsung Kelar),  Top 20 KIPP Provinsi Jawa Tengah 2018.

Disdukcapil Kota Tegal melalui “Laskar Den Baguse (Layanan Langsung Kelar dengan Baik, Gesit, Mutu, Sinergis dan Gratis)” juga masuk 10 Besar KIPP Provinsi Jawa Tengah. Dinas Kesehatan Kota Tegal dengan “Perlak Emas Sigasik – Memperluas Akses Pelayanan Kesehatan Masyarakat Menggunakan Empat Belas Indikator dengan memanfaatkan  Aplikasi Sigasik” masuk dalam 10 Besar KIPP Provinsi Jawa Tengah 2019 dan terakhir juga yang sukses adalah dari Diskominfo Kota Tegal dengan e-Kelurahan (Sertifikat / Layanan Pengenalan Kelurahan Bertanda Tangan Elektronik) Top 99 KIPP KemenpanRB 2021 yang juga sekaligus berhasil menjadi Top 45 KIPP.(Ag)

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_