Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Keputusan Hasil Penetapan Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Akar Menimbulkan Pertanyaan

24 Jul 2021, 22:54 WIB Last Updated 2021-08-03T12:30:21Z

Keputusan hasil penetapan Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Akar menimbulkan pertanyaan

HARIAN BERANTAS, INHU – Penetapan bakal calon (Balon) kepala desa Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) disinyalir bermasalah. Pasalnya, surat keputusan hasil penetapan Bakal Calon (Balon) Kepala Desa  yang ditandatangani Selasa (20/7/2021) itu dilakukan oleh seseorang di luar kepanitiaan yang berinisial Nursal. Padahal diketahui nama tersebut bukan salah satu orang yang pernah dilantik sebagai Ketua Panitia.

Berdasarkan informasi dan data yang diperoleh dilapangan, bahwa dalam susunan panitia Pilkades, nama Nursal tidak tercatat sebagai ketua panitia Pilkades, sehingga menimbulkan kecurigaan masyarakat yang berujung pada maladministrasi dan pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Padahal, seperti diketahui, panitia seleksi bakal calon kepala desa sudah ditentukan sebelumnya. Berikut uraian nama-nama panitia Pilkades antara lain:

1. Ketua Asef
2. Rudi Hartono Harianja Wakil Ketua
3. Sekretaris Riski Ade Candra
4. Bendahara Tiara Ismawati
5. Anggota Nasri
6. Anggota Osran Sitohang
7. Anggota Pesri Irawan
8. Anggota Gusva, dan
9. Anggota Sabri Guswanto.

Semuanya merupakan ketua dan anggota panitia pemilihan kepala desa di Desa Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal Inhu. Dan 9 orang tersebut dilantik di aula kantor kecamatan Batang Gansal, Rabu (16/06/2021) lalu.

Sementara itu, di tempat yang sama, dua bakal calon kepala desa lainnya, SS dan BS, juga merasa curiga dan menanyakan ada apa di balik penandatanganan surat penetapan Balon Kepala Desa yang menurutnya ditandatangani oleh orang yang tidak tepat.

Keduanya pun kepada wartawan mengatakan, bahwa sejak awal mereka tidak setuju jika Asef menjadi ketua Pilkades di Desa Sungai Akar, Kecamatan Batang Gansal Inhu.

“Sebenarnya dari awal kami tidak setuju jika Asef terpilih sebagai Ketua Panitia Pilkades” ucap keduanya.

Namun, menurut mereka (SS dan BS), ada kejanggalan dalam proses penyaringan Balon Kades Ranking kok tiba-tiba muncul nama Nursal sebagai ketua panitia sekaligus yang menandatangani surat keputusan.

''Kami sangat keberatan jika Nursal yang bukan panitia mengambil alih tanpa prosedur. Permainan siapa ini,'' kata mereka berdua bertanya-tanya.

Sementara itu, Camat Batang Gansal, Eli Narion saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya terkait kejadian tersebut, tidak besedia memberikan penjelasn. Eli meminta wartawan untuk mengkonfirmasi langsung dengan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sungai Akar.

"Tanya saja ke BPD, jangan tanya saya," kata Eli Narion dan langsung mematikan ponselnya.

Secara terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Akar, Komaruddin saat dihubungi berulang kali melalui ponselnya di 0822 7884 xxxx juga menolak menjawab.
(PS)

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_