Iklan

new-user-zone-banner

Iklan

CB Rent Cars
,

Iklan

Settia

Gelar Bakti Sosial, Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) Chapter #2 Riau Berhasil Menembus Daerah Terisolasi

HARIANBERANTAS
6 Jul 2021, 13:34 WIB Last Updated 2021-08-03T12:19:01Z

Club TLCI#2 Riau ini berhasil menaklukkan medan berat yang merupakan salah satu area yang belum pernah bisa dijamah oleh kendaraan beroda empat.
Club TLCI#2 Riau ini berhasil menaklukkan medan berat yang merupakan salah satu area yang belum pernah bisa dijamah oleh kendaraan beroda empat.
PEKANBARU - Kegiatan bakti sosial seperti khitanan massal, bantuan sembako, bantuan rumah ibadah, perbaikan jembatan di daerah terpencil merupakan program yang secara konsisten dilakukan oleh TLCI Chapter #2 Riau yang saat ini dikomandoi oleh HM Marwan selaku Ketua Umum.

Dan kegiatan yang digelar sejak Sabtu hingga Minggu (3/7/2021) ini menjadi sejarah tersendiri bagi TLCI#2 Riau, dimana Club ini berhasil menaklukkan medan berat yang merupakan salah satu area yang belum pernah bisa dijamah oleh kendaraan beroda emapat.

Tim survey mendapat informasi keberadaan rumah ibadah yang terletak di Dusun Deras Godang, Desa Dua Sepakat, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar Riau, sangat membutuhkan bahan untuk penyelesaian pembangunan masjid, sehingga masyarakat berharap agar orang bisa beribadah dengan nyaman. Pengurus masjid dan masyarakat membutuhkan bantuan langsung berupa materi.

Hal ini bisa dimaklumi mengingat sulitnya warga di sana jika harus berbelanja bahan ke Lupat Kain yang jaraknya cukup jauh dengan kondisi medan yang sangat berat karena daerah perbukitan yang terjal dan curam. Jelas ini merupakan kesulitan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

TLCI Chapter #2 Riau memberikan solusi dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan dengan pengiriman langsung ke lokasi.

Ketua Umum TLCI Chapter #2 Riau HM Marwan memimpin langsung kegiatan tersebut dengan mengerahkan 19 kendaraan tim pemberangkatan dengan membawa material menjadi yang tantangan tersendiri. Dengan cara melintasi jalan perkebunan, menerobos hutan, menyeberangi sungai yang lebar dengan kedalaman 1 meter, hingga ia harus membuka jalan untuk mencapai desa tersebut.

Usai mendapat pembekalan dan doa bersama, tim memulai perjalanannya dari Purna MTQ Pekanbaru pada Sabtu pagi (3/7/2021) bergerak melalui Lipat Kain. Butuh waktu hampir 20 jam untuk sampai di desa sasaran dengan kondisi alam yang berbukit-bukit (termasuk dalam rangkaian kawasan Bukit Barisan yang terbentang di seluruh pulau Sumatera), tebing curam, turunan dan tikungan jalan yang membutuhkan konsentrasi dan keterampilan khusus untuk dapat mengendalikan kendaraan kotak dengan kapasitas 4230 CC.

Tak hanya itu, rombongan harus menyeberang dan menaklukkan derasnya arus sungai Batang Bio Ludai di malam yang gelap dan hujan deras. Satu persatu unit tim mampu menaklukkan sungai Batang Bio Ludai dengan penuh perhitungan.

Setelah menyeberangi sungai Batang Bio, rombongan masih disuguhkan di trek yang lebih menantang dan membutuhkan kerja keras tim sepanjang malam. Sebuah trek pendek yang membutuhkan waktu untuk melewati sepanjang malam. Di sini ketangguhan unit dan kekuatan winch yang tersedia di setiap unit diuji.

Medan yang sulit ditambah hujan deras malam itu menjadi tantangan tersendiri bagi tim TLCI Chapter #2.


Perjuangan dan kerjasama tim berhasil sampai di desa tujuan pada Minggu pagi (4/7/2021) dan langsung menyerahkan bantuan berupa 30 lembar triplek, cat tembok 5 pel, cat minyak 5 kg, kuas roll, 10 gulung sajadah, 20 set lampu, 5 kipas angin dan bantuan tunai Rp 5 juta diterima oleh pengurus Masjid Al Mukminin dan Kepala Desa Dua Sepakat.

Usai proses serah terima, rombongan tetap bersilaturahim dengan warga sekitar. Tampak begitu antusias menyambut kedatangan tim TLCI Chapter #2 Riau. Wajah bahagia dan kekaguman pada rombongan mobil yang memasuki desa. Hal ini menjadi tontonan tersendiri saat konvoi kendaraan tim menerobos medan berlumpur dan menyeberangi sungai Batang Bio.

Ardi, salah seorang warga mengatakan, belum pernah ada kendaraan roda empat yang bisa masuk ke desanya.

“Baru kali ini mobil bisa masuk ke kampung kami, biasanya hanya motor atau menggunakan perahu,” ujarnya bercampur heran.

Kepala desa mengatakan pihaknya dan seluruh masyarakat menyampaikan terima kasih atas bantuan yang mereka terima.

“Saya dan seluruh masyarakat di sini mengucapkan terima kasih kepada rombongan TLCI Chapter #2 Riau, bantuan yang kita tunggu-tunggu akhirnya tiba dan kita manfaatkan sesuai amanah,” kata kepala desa.

Ketua Umum HM Marwan yang didampingi oleh Ketua Harian Roby, beberapa pembina dan pengurus mengatakan kegiatan yang diadakan merupakan bentuk nyata kepedulian terhadap TLCI Chapter #2 Riau.

“Ini langkah konkrit untuk TLCI Chapter #2 Riau, peduli terhadap masyarakat terisolir dan terpencil seperti ini, kita harus peduli dan harus berbuat untuk saudara-saudara kita. Terima kasih kepada masyarakat di sini yang telah memberikan kesempatan untuk sedikit berbagi, semoga dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi, ini luar biasa,” ujar Marwan.

Minggu siang sekitar pukul 11.00 rombongan berangkat dari Dusun Deras Gondang, kembali ke Pekanbaru dengan menempuh jalur yang sama dan akhirnya pada pukul 03.00 WIB tiba di Pekanbaru dengan selamat.

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_