Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Dua Pelaku Pemalsuan Hasil Test Swab Ditangkap Polsek Bukit Raya

3 Jul 2021, 00:37 WIB Last Updated 2021-07-03T06:01:50Z

Dua Pelaku Pemalsuan Hasil Test Swab Ditangkap Polsek Bukit Raya
Kapolres Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, menjelaskan terungkapnya Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen/Surat Hasil Swab Test (Dok Foto )
HARIAN BERANTAS, PEKANBARU - Sertifikat hasil swab test merupakan persyaratan bagi perjalanan transportasi udara khususnya pesawat terbang. Sayangnya, hal ini kembali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kapolres Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, menjelaskan terungkapnya Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen/Surat Hasil Swab Test yang Digunakan Untuk Perjalanan Dengan Pesawat Udarai itu saat tersangka HH (38) pada selasa 29/06/21 hendak melakukan perjalanan ke Jakarta melalui Bandara SSQ II Pekanbaru.

''Saat dilakukan pengecekan validasi ternyata surat hasil swab test miliknya tidak sah, sehingga pihak KKP Bandara melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bukit Raya,'' ucap Kapolres saat Konferensi Pers Jumat, 02/07/2021.

Setelah itu, lanjutnya, personel kepolisian Bukit Raya menuju ke lokasi dan langsung menginterogasi tersangka. Berdasarkan hasil keterangan tersangka, HH mengaku surat yang dimilikinya memang palsu, HH mengaku telah memerintahkan tersangka JO (26) yang merupakan pegawainya, untuk membuat surat berupa hasil pemeriksaan Laboratorium Pcr covid -19 dari salah satu rumah sakit di kota Pekanbaru dengan hasil negatif agar  HH dapat melakukan perjalanan ke Jakarta.

''Sehingga tersangka HH dan barang bukti berupa 1 lembar hasil swab PCr, 1 KTP, 1 Boarding Pass City Link dan 1 kode booking tiket City Link dibawa ke Polsek Bukit Raya untuk dilakukan pemeriksaan,'' ungkapnya.

Dari hasil pengembangan, pada Rabu, 30/06/2021 Polsek Bukit Raya berhasil mengamankan tersangka JO di Jl. SM. Kecamatan Yamin. Tampan yang merupakan kantor HH dan juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit laptop dan 1 unit printer, 1 lembar hasil Swab Pcr, 1 buah KTP, 1 lembar Boarding Pas City Link dan 1 lembar kode booking tiket City Link dibawa ke Polsek Bukit Raya untuk dilakukan penyelidikan.

"Jadi tersangka HH tidak melalui prosedur yang benar untuk bisa mendapatkan hasil Swab sesuai aturan," kata Kapolres.

Atas kejadian ini, 2 tersangka dijerat pasal 263 dan atau pasal 268 KUHP tentang pemalsuan surat atau penggunaan surat palsu atau pemalsuan surat keterangan dokter.

Nandang juga mengatakan bahwa ini merupakan keberhasilan Polsek Bukit Raya bekerjasama dengan petugas KKP Bandara SSQ II Kota Pekanbaru untuk mengungkap pelaku pemalsuan hasil Swab yang seolah-olah dikeluarkan oleh salah satu rumah sakit.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Polsek Bukit Raya dan Petugas KKP di Bandara Sultan Syarif Qasim II Kota Pekanbaru, apalagi saat ini kita benar-benar berjuang untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Nandang.

(nas/ris)

Iklan

iklan