Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dampak perpanjangan masa PPKM, membuat pendapatan pedagang semakin mengkhawatirkan

26 Jul 2021, 17:16 WIB Last Updated 2021-08-03T11:41:16Z


Dampak perpanjangan masa PPKM, membuat pendapatan pedagang semakin mengkhawatirkan

HARIAN BERANTAS, KOTA BATAM - Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)jilid tiga ini telah menjadi kebijakan pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi COVID-19 di Indonesia.

Meski segala upaya telah dilakukan pemerintah, namun laju peningkatan kasus pasien terpapar COVID-19 terus meningkat. Bahkan Pemkot Batam sendiri sudah memberlakukan beberapa aturan mulai dari PPKM darurat hingga PPKM terbaru.

Di satu sisi, pelaksanaan PPKM dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran Covid 19 di Batam, namun di sisi lain membuat dampak ekonomi masyarakat seolah terhenti. Seperti banyak karyawan dirumahkan hingga yang di PHK dari perusahaan. Selain itu, para pedagang juga merasakan dampak yang besar.

Seperti pengakuan Romi, seorang pedagang ayam gebrak pinggir jalan di Batam. Diakuinya, dalam sepekan terakhir pendapatannya dari berjualan ayam gebrak turun drastis. Ia bahkan harus menunggak uang sewa kontrakan lantaran penghasilannya yang minim.

“Jualannya sedih banget Pak, jangan berharap untung, cari makan sehari-hari saja sudah susah. Sewa konrakan juga belum dibayar, untungnya pemilik rumah maklum kalau sebaliknya kita bisa diusir dari," kata Romi mengeluh.

Ditambahkannya, keadaan darurat PPKM di Batam sangat menyulitkan pedagang berat yang hampir membuat pedagang melarat.

''Kami berharap Covid19 cepat berlalu, ekonomi saat ini sangat sulit,'' ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh seorang pedagang kaki lima di sekitar Jalan Imam Bonjol. Ia mengaku merasakan dampak yang sangat berat. Ia juga menyebutkan, barang dagangan yang biasanya terjual 5 kilo saat ini hanya laku 2 kilo beras.

Dampak perpanjangan masa PPKM, membuat pendapatan pedagang semakin mengkhawatirkan

Makin hari makin susah jualan sejak covid 19, sekarang PPKM darurat makin berat sementara sewa kios tidak bisa turun, tapi mau bagaimana lagi, ujarnya.

Ia juga berharap PPKM darurat ini segera berakhir, meski perkumpulan masyarakat terbatas namun harus tetap mengutamakan protokol kesehatan.

(Mitra)

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_