Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Marbot Masjid di Inhu kembalikan Emas Seberat 1,5 Kg Pada Pemiliknya

14 Jun 2021, 21:24 WIB Last Updated 2021-08-03T12:30:21Z

HARIANBERANTAS, INHU- Keberuntungan tidak harus dijadikan rezeki, tetapi kejujuran dan keikhlasan adalah ibadah untuk masuk surga kelak.ungakapan ini disampaikan oleh seorang petugas kebersihan (Marbot) Masjid Al-Ikhlas Kuala Kilan, penemu emas seberat 1,5 kg. Isni (62), warga Rt/03 Rw/01, Desa Kuala Kilan, Kecamatan Batang Cinaku, Indragiri Hulu (Inhu) provinsi Riau.

Emas yang ditemukan Isni ada di jaket yang dibiarkan menggantung di toilet pekan lalu (21/06/21). tetapi orang tua itu sangat berbudi luhur dan memiliki kejujuran sehingga barang berharga itu kembali dengan selamat kepada pemiliknya.

Kepada wartawan, dirinya mengaku tidak curiga sedikitpun dengan jaket yang digantung di water closet (WC) masjid tersebut, hingga akhirnya memberanikan diri untuk mengambil jaket tersebut untuk disimpan. 

''Setelah saya angkat berat banget, biasanya jaket tidak seberat itu, usai saya buka ada emas di jaketnya, dan saya langsung taruh di lemari masjid sambil menunggu pemiliknya datang untuk mengambilnya kembali,'' imbuhnya.

Menurut Isni, dirinya menemukan emas tersebut sekitar pukul 11.30 WIB, kemudian sekitar pukul 01.00 WIB pemilik datang dan meminta jaket yang tertinggal.

“Setelah saya yakin bahwa pemiliknya benar-benar orang itu, maka saya menyerahkan jaket dan isinya kepada pemilik,'' ucapnya.

Saat ditanya apakah ada niat untuk mengambil emas tersebut, yang jika diuangkan dari perkiraan jumlah emas bisa mencapai sekitar Rp. 1,4 miliar lebih dengan harga saat ini. Isni mengaku tidak menyangka sama sekali dan tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk memiliki penemuan itu. 

''Karena sadar itu milik orang lain, selain itu, saya juga sering menemukan barang-barang lainnya seperti dompet di sekitar masjid tetapi saya selalu mengembalikan kepada pemiliknya karena tidak akan menjadi berkah bagi saya,''katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuala Kilan, Ardiyonto, saat dikonfirmasi membenarkan cerita Isni. Ia memang dikenal dengan kepribadiannya yang jujur, sopan dan santun meskipun memiliki perekonomian di bawah standar 

''yang jelas semoga kejujuran dan keikhlasannya mendapat balasan dari Allah SWT, dan mari kita ambil contoh ini,'' ucapnya

''Sujud syukur juga tak luput dari sang pemilik yang telah menemukan kembali emas tersebut. Pemilik emas langsung memberikan infaq ke masjid sebesar 10 juta sebagai rasa terima kasihnya,'' tutup Ardiyono.(red)

Iklan

iklan