Iklan

new-user-zone-banner

Iklan

CB Rent Cars
,

Iklan

Settia

Kepala Desa Pematang Obo Pangibulan Sirait Menyerahkan Sertifikat Program PTSL Sertifikat

Jun 2, 2021, 19:59 WIB Last Updated 2021-08-03T12:19:01Z

HARIAN BERANTAS , BENGKALIS - Puluhan warga di Desa Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis tersenyum riang, usai mendapatkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL).

Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Desa Pematang Obo Pangibulan Sirait didampingi Sekretaris Desa Wahyudin beserta jajarannya mewakili pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkalis di ruangan kepala desa, Rabu 2 Juni 2021.

Kepala Desa Pematang , Obo Pangibulan Sirait mengatakan, hal ini dalam rangka mendukung program strategis khususnya kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dimana pada tahun 2025, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menargetkan seluruh bidang tanah di seluruh Indonesia sudah bersertifikat.

Sedangkan untuk wilayah Desa Pematang Obo Kecamatan Bathin Solapan ditargetkan selesai hingga tahun 2021 bagi masyarakat yang sudah mengurusnya.

Ditambahkannya, dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu, sertifikat juga berguna sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan sertifikat ini dengan bijak dan sesuai peruntukannya,” kata Pangibulan Sirait.

Diakuinya, Pemkab Bengkalis sangat mendukung program PTSL. Yakni dengan mengalokasikan Anggaran Program Daerah (Proda) 2019 yang direncanakan dalam APBD Perubahan untuk sejumlah bidang tanah. Sementara itu, pada tahun 2021 juga telah direncanakan alokasi anggaran untuk sertifikasi ribuan bidang tanah.

“Terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkalis atas sinergi dan kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini. Selama masa pandemi, saya tidak pernah bosan mengingatkan untuk selalu berhati-hati. Harus waspada tapi jangan panik, jadi Anda tidak tertular virus corona," kata Pangibulan Sirait

Kepala Desa Pematang Obo juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lupa selalu menggunakan masker saat keluar rumah, hidup bersih dan sehat dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Dirinya mengatakan, untuk program tahun ini ada sertifikat. Untuk tahap pertama sudah 921 sertifikat, 85 sertifikat untuk RW 1. Sisanya diharapkan selesai Juni dan sudah selesai seluruhnya. Untuk selanjutnya dibagikan kepada warga setiap hari, ungkapnya

Menurutnya, program PTSL merupakan program dari pemerintah pusat untuk mengatur kepemilikan tanah. Melalui program PTSL, pemerintah juga menargetkan pada 2025 semua lahan sudah bersertifikat.(red)***

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_