Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Komisi II Minta Pemprov Jabar Kendalikan Penyebaran Benih ke Masyarakat

    HARIAN BERANTAS
    04/05/2021, 21:44 WIB Last Updated 2021-08-03T12:21:22Z

    Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Anwar Yasin. (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar).

    CIANJUR  , HARIAN BERANTAS - Masalah kewenangan menjadi salah satu faktor penyebab belum terkontrolnya peredaran benih bermutu kepada masyarakat di Jawa Barat.

    Hal itu diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Anwar Yasin seusai mengunjungi Balai benih Padi dan Sayuran (BBPP) Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Kabupaten Cianjur, Selasa (4/5/2021).

    “Setelah kami teliti ternyata masalahnya ada pada kewenangan. Kewenangan sentra perbenihan ini hanya sampai ke penangkar dan penangkar yang menyebarkannya ke masyarakat. Jadi, benih di Jabar tidak terkendali karena penangkar bisa mendatangkan benih dari berbagai sumber, "kata Anwar Yasin.

    Anwar khawatir jika benih yang beredar di masyarakat merupakan benih yang kualitasnya buruk, berpotensi menyebabkan tanah menjadi tandus dan berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan.

    “Kami berharap Kewenangan Balai Benih ini harus ditingkatkan, sehingga setiap benih yang ada di masyarakat bisa dikontrol. Sehingga nantinya tidak ada benih buruk yang bertebaran di masyarakat,” ujarnya.

    Lebih lanjut ia berharap, BBPP Provinsi Jawa Barat bisa langsung mengontrol peredaran benih kepada masyarakat. Selain memastikan masyarakat mendapatkan benih yang berkualitas, dan dapat mengedukasi masyarakat tentang pertanian yang baik.

    “BBPP harus bisa menyampaikan bagaimana pengelolaan benih dan mulai memikirkan bagaimana masyarakat diajari membuat pupuk organik. Bukan pupuk seperti sekarang yang membuat tanah menjadi kering dan tandus,” pungkasnya.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Komisi II Minta Pemprov Jabar Kendalikan Penyebaran Benih ke Masyarakat

    Terkini

    Iklan

    Close x