Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Mengapa Direktur Bumdes Selala Diganti..?

31 Mar 2021, 14:29 WIB Last Updated 2021-03-31T07:29:06Z

HARIANBRANTAS, INHU- Kegiatan Bumdes  Desa Bongkal  Malang Kecamatan Klayang  Kabupaten Inhu Saat ini adalah buat Pertanian,stecking , pasang pagar,Kolam Ikan dan Pembuatan Kandang Kambing dari Baja ringan.


Hanya saja Direktur Bumdes  dalam kegiatan ini sudah 2 ( dua ) kali ganti  dalam 2 bulan. Bagaimana mereka melakukan pencairan dana sampai Rp. 220 juta jika tidak disertakan tanda tangan Direktur.

Andi mantan Direktur Bumdes ketika dikonfirmasi  awak media mengatakan " saya waktu itu hanya sekali pencairan sekitar Rp. 70 juta, itupun tak sampai habis dibelanjakan, saya sudah mundur. Soalnya pekerjaan saya yang lain ada.

kalau Bumdes belum jelas bagaimana gajinya, usaha yang kujalankan sudah pasti. Masalahnya mobil dump  truck untuk cari makan keluarga sudah pasti ujarnya.

Andika  mantan Direktur Bumdes  juga mengatakan " saya mengundurkan diri karena jarang ditempat. Gimana nantinya jika ada yang perlu, itulah alasan yang tepat. Sewaktu saya menjabat hanya pencairan Rp. 59 juta untuk pembuatan kandang kambing ujarnya.

Heri Sekretaris Bumdes  mengatakan ke awak media " uang untuk Bumdes  sudah dicairkan sekitar Rp.220 juta lebih, Rp. 170 juta untuk stacking, buat Pagar, kolam ikan 2 Bh, beli pipa paralon dan selengkapnya, beli mesin pompa air, bibit ikan, pakan ikan dan pupuk kata eri ( red ).

Soal dana bumdes diambil dari Bankeu  Propinsi. Semua uang dibelanjakan sudah sesuai dengan fisik yang dikerjakan dilapangan ujarnya.

Andri Anto. SE. Camat Lalak dikonfirmasi terkait ini mengatakan " Soal Bumdes Sudah sesuai prosedur, Andi direktur Bumdes sudah menandatangani Pencairan Rp. 170 juta.

Andika Direktur Bumdes  saat ini masih aktif. Jika beliau mengatakan sudah mengundurkan diri memang ya tapi masih dalam proses ujarnya.

Hal inilah yang menjadi simpang siur dan diduga mark up ( pembengkakan anggaran ). Mohon Pemerintah dan Aparat Hukum Sidak Bumdes  Desa Bongkal  Malang. 31/03/21. ***(Pinten S)

Iklan

iklan