Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Setdakot Dumai Datangi Pusdiklat DPP APPI di Kampar

21 Feb 2021, 17:41 WIB Last Updated 2021-02-21T10:41:29Z
HARIANBERANTAS, KAMPAR- Sektor pertanian merupakan sumber kehidupan yang memiliki peranan strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan ekononomi masyarakat. 


Tanpa pertanian manusia tak akan hidup. Tak heran jika setiap orang menggeluti usaha pertanian demi kelangsungan hidup.

Sebagian orang berpikir bahwa untuk bertani harus memiliki lahan yang sangat luar dan biaya sangat besar. Pada kenyataannya tidak harus memiliki lahan yang luas maupun modal yang besar.

Hal terungkap setelah Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr. H. Herdi Salioso, SE.,MBA ketika berdiskusi dengan pengurus DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) di jalan Uka Desa Rimbo Panjang, Sabtu (20/02/2021).

Pada kesempatan tersebut Setda Herdi Salioso mengatakan pertanian merupakan sektor yang sangat strategis dalam meningkatkan ekonomi.

Herdi Salioso menceritakan seorang ASN yang sukses menggeluti dunia pertanian hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi ASN karena usaha yang digelutinya maju dan sudah mensuplai buah dan bibit hingga ke provinsi lain.

Lanjut oleh Herdi, menceritakan seorang yang hanya menanam 6 pohon jeruk mampu menghidupi keluarganya dan mensekolahkan anak-anaknya.

Ketua Umum DPP APPI Alexander Pranoto yang didampingi oleh Ketua DPD Riau saat di konfirmasi, mengatakan bahwa salah satu dari Program APPI ialah untuk turut serta memberikan kontribusi kepada masyarakat meningkatkan perekonomian khususnya dibidang pertanian. 

"Salah satu tujuan APPI ini didirikan melihat banyaknya potensi lahan tidur yang belum dimaksimalkan menjadi sumber ekonomi baru. Pertanian, jika dikelola dengan serius, akan memberikan nilai yang sangat signifikan untuk meningkatkan perekonomian".

"untuk memulai pertanian, semestinya bisa dimulai dari pekarangan rumah. Mulai dengan menanam pokok cabai aja dulu, setidaknya sudah mengurangi biayakeperluan dapur. Apalagi jika dikelola dengan serius, hasilnya akan sangat membantu ekonomi keluarga."ujar ketum APPI tersebut.

Ketua DPD APPI yang turut hadir pada diskusi tersebut, kepada wartawan mengatakan, Pusdiklat APPI yang berada di jalan Uka Desa Rimbo Panjang terbuka bagi masyarakat yang ingin belajar di bidang pertanian. 

"Kami selaku ketua DPD APPI Riau membuka tangan yang selebarnya kepada masyarakat yang ingin belajar, baik bercocok tanam, atau memelihara ikan, ataupun berternak. Pusdiklat APPI akan siap membantu, karena disini memiliki ahli dibidangnya," tutup pria yang hobi bertopi tersebut. ***(ROZ)

Iklan

iklan