Iklan

iklan

Iklan

CB Rent Cars
,

Iklan

Settia

Diminta Kejari Usut Dugaan Berbau Korupsi Distankan Inhu

22 Feb 2021, 19:44 WIB Last Updated 2021-08-03T13:13:46Z
HARIANBERANTAS, INHU- Proyek pengadaan bantuan sarana produksi bawang merah dan cabai besar melalui dinas pertanian dan perikanan (Distankan) kabupaten indragiri hulu (inhu) diduga dikorupsi.


Bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat di wilayah desa rantau mapesai dan kelurahan pematang reba kecamatan rengat barat yang bersumber dari APBN pusat tahun anggaran 2019 lalu.

Pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian dan perikanan kabupaten Inhu dalam dokumen pencairan tercatat nama kelompok tani didua wilayah di Inhu, namun bantuan tersebut tidak ada diterima oleh Koptan.

Hal itu terungkap setelah awak media ini melakukan investigasi khusus setelah menerima pengaduan masyarakat. Dari hasil investigasi dilapangkan ternyata petani tidak merasa menerima bantuan dari pihak manapun termasuk  Dinas Pertanian dan perikanan Inhu. 

Menurut keterangan ketua kelompok tani (KKT) Berkah Bersaudara Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat M. Rosadi kepada www.harianberantas.co.id mengatakan, sudah lima tahun belakangan ini KT (kelompok tani) yang mereka lakoni selama ini tidak pernah menerima bantuan apapun dari pihak manapun.

"Selama lima tahun belakangan ini kelompok tani  kami tidak pernah mendapat bantuan bibit bawang merah atau cabai besar dari pemerintah, baik itu yang bersumber dari dana APBD maupun APBN."

"Saya tidak terima jika nama kelompok tani kami dijual jual atau hanya mengatas namakan berkah bersaudara. namun kenyataannya ada diberi bantuan sama sekali itu pembohongan," tegas Rosadi. 

Untuk itu, kita berharap kepada aparat penegak hukum yakni kejaksaan agar mengusut tuntas dugaan korupsi ini. Mudah-mudahan penegak hukum tidak tinggal diam. Mohon kepada rekan rekan wartawan agar selalu mengawal polemik korupsi ini dari segi pemberitaan" pintanya.

Seperti diketahui, pagu anggaran Rp 180.000.00 untuk pengadaan bantuan sarana produksi bawang merah yang dikerjakan oleh CV. Cahaya Bintang Karimun yang beralamat di jalan A.Yani Rt/002 Rw/001 kelurahan Sungai Lakam Timur kecamatan Karimun kepulauan Riau (Kepri). 

Selanjutnya, CV. Anugrah Indragiri yang beralamat dijalan aski aris Rt/005 Rw/002 sekip hulu Rengat sebesar Rp 240.000.00 juta untuk pengadaan bantuan sarana produksi cabai besar. 

Kepala dinas pertanian dan perikanan (Distankan) inhu Paino S.P melalui pesan singkat dari whatsAap membantah akan hal itu. "ini gk bonafit, zaman sekarang ini tidak akan ada yang berani seperti itu," tapi coba cek kejajaran saya, singakatnya dari whatsAap.

MUSIK TERKINI

Iklan

iklan

FILM CINEMA

_