Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Antisipasi Bencana, Pemda Inhu Adakan Rapat Koordinasi

    HARIAN BERANTAS
    19/01/2021, 12:50 WIB Last Updated 2021-08-03T12:30:37Z

    HARIANBRANTAS, INHU- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Rapat Koordinasi guna mengantisipasi terjadinya Bencana di Inhu Tahun 2021. Rapat koordinasi ini dilaksanakan di ruang Auditorium Yopi Arianto Lantai 4 Kantor Bupati Jalan Lintas Timur Rengat Barat Inhu Senin pagi (18/1/2021).


    Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Inhu Ir. H. Khairizal, SE. M.Si itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Inhu

    Agenda utama kegiatan itu untuk  membahas  antisipasi kemungkinan potensi bencana di Kab. Inhu pada tahun 2021 meliputi  tahap pencegahan hingga penanggulangan bencana.

    Rapat yang diprakarsai oleh Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kab. Inhu Erguspian S. Sos juga terlihat hadir Kapolres Inhu yang diwakili Kabag OPS Polres Kompol Suratman, perwakilan KODIM 0302/ INHU, perwakilan Kejaksaan Negeri Kab. Inhu, beberapa kepala OPD se-Kab. Inhu, perwakilan Kantor Kementrian Agama Kab. Inhu, Camat se-Kab. Inhu, perwakilan Manggala Agni DAOPS Rengat serta undangan lainnya.

    Dalam sambutan SEKDA Inhu menyampaikan "bahwa antipasi bencana di Kabupaten Inhu masih berada atau bersamaan dengan wabah pandemi covid-19 dimana diperlukan sinergisitas yang sangat baik untuk bersama-sama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan potensi bencana yang akan terjadi di Inhu.

    SEKDA juga berharap agar antisipasi bencana dimaksud dapat dilaksanakan sesegera mungkin. "Sambil menunggu arahan pemerintah provinsi, kita bisa memulai dengan meningkatkan operasi yustisi. Kepada camat se-Kab. Inhu agar dapat membantu mensosialisasikan informasi terkait antisipasi bencana kepada masyarakat" ujarnya.

    Sementara itu Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu, Erguspian S. Sos menjelaskan bahwa potensi bencana khususnya di Kabupaten Inhu seperti wabah COVID-19 yang tengah terjadi ini, tetap dilakukan upaya memutus penyebarannya dengan mengikuti pedoman protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah provinsi.

    Sedangkan untuk potensi bencana lain menurutnya dengan melihat situasi saat ini dimana curah hujan cukup tinggi diprediksi Inhu mengalami banjir dengan kategori potensi banjir sedang. "Hujan yang mengguyur Kabupaten Indragiri Hulu beberapa hari kemarin, mengakibatkan peningkatan air sungai sempat meningkat. Namun, kita bersyukur pada hari ini sudah mengalami penurunan kembali. Ketinggian air sungai di Indragiri Hulu pada saat ini pada posisi 4,78 meter artinya masih dalam posisi normal kata Erguspian ( red ).

    Selanjutnya masyarakat dihimbau agar selalu siap siaga mengantisipasi bencana terutama rumah yang berada di tepi sungai, melakukan koordinasi yang baik dengan pihak terkait agar bencana dapat diantisipasi ujarnya. ***(Pinten S)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Antisipasi Bencana, Pemda Inhu Adakan Rapat Koordinasi

    Terkini

    Iklan

    Close x