Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Kasus Covid 19 Meninggi, Dewi Aryani Minta Pemda Jateng Serius Menangani

1 Des 2020, 19:53 WIB Last Updated 2020-12-01T12:54:11Z
HARIANBERANTAS , TEGAL - Dalam bbrp waktu terakhir ini kasus covid19 di kab tegal, kab brebes dan kota tegal makin meningkat tajam. Bahkan beberapa rumah sakit dikabarkan sudah full occupancy. 

Melihat perkembangan situasi ini Dewi Aryani anggota komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan setelah acara sosialisasi cara memilih bahan pangan sehat di masa pandemi covid19 mengingatkan seluruh kepala daerah di dapil jateng IX untuk lebih serius dalam menangani. Antisipasi lonjakan kasus tidak bisa di abaikan. Beberapa langkah tegas harus di berlakukan segera untuk memutus rantai penyebaran covid19 diantaranya adalah sesegera mungkin menyediakan gedung khusus untuk isolasi komunal bagi pasien tanpa gejala, ini sdh sy ingatkan sejak bulan maret-april bahwa di kab tegal gedung korpri semoat di tutup malah di gunakan untuk hajatan, maka harus segera dibuka lg untuk isolasi bagi OTG mengingat cluster keluarga makin meningkat. 

Mereka yg isolasi mandiri di rumah terbukti tidak cukup efektif karena rumah- rumah rakyat banyak yg tdk layak sbg tempat isolasi, maka penyebaran di lingkungan keluarga justru meningkat. 
Mrk jg tdk terpantau tenaga kesehatan sehingga kondisinya tidak bisa di prediksi.

Selain itu program gubernur jateng ‘jogo tonggo’ harus secara serius di berlakukan di lingkungan RT. Kampanye menggunakan masker di galakkan lagi. Berikutnya ijin menyelenggarakan hajatan supaya di hentikan. Himbauan protokol kesehatan tidak selalu di berlakukan oleh masyarakat yang menyelenggarakan hajatan. 

Perusahaan2, perkantoran hingga pabrik yang memiliki karyawan padat karya mereka di wajibkan melakukan rapid test secara berkala untuk karyawannya. Mengantisipasi kondisi semua karyawan sehingga meminimalisasi penyebaran covid di pabrik2 dan perkantoran2. Karyawan adalah aset perusahaan maka kondisi kesehatan mereka juga menjadi tanggung jawab perusahaan dan pemda setempat.

Mall resto dan tempat keramaian di batasi jam operasionalnya dan satgas covid19 juga harus melakukan patroli secara rutin di semua wilayah. Berikan tindakan tegas bagi pelanggar. 

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik karena libur panjang akhir tahun sebaiknya di buat posko covid19 di jalur masuk wilayah jateng IX baik di exit tol maupun di wilayah pantura, berlakukan pengecekan surat hasil rapid test atau swab test di pintu keluar tol yg masuk ke wilayah brebes dan tegal untuk masyarakat yang datang dari berbagai daerah lain terutama yang datang dari kota-kota zona merah.

Untuk kota tegal DeAr mengapresiasi langkah walikota yang menyediakan gedung rusunawa dan GOR sebagai lokasi isolasi komunal bagi para OTG. Langkah ini harus dicontoh oleh Kab Tegal dan Kab Brebes. Rumah sakit hanya di gunakan bagi pasien bergejala ringan sedang hingga parah. Harus ada klasifikasi penggunaan rmh skt dan tmpt isolasi komunal. Kalau tdk ada tempat khusus bagi OTG maka rmh skt tidak akan bs menampung lonjakan pasien. Selain itu asupan gizi bagi para OTG untuk menaikkan imun juga akan lebih terjamin jika di lakukan dalam satu gedung, bisa membuat dapur umum makanan sehat bergizi bagi mrk yg sdg di isolasi.***(Ag)

Iklan

iklan