Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Jumadi Lantik Anggota Pramuka Garuda Se-Kota Tegal

16 Des 2020, 17:57 WIB Last Updated 2020-12-16T10:57:40Z

HARIAN BERANTAS, TEGAL- Anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal, Jawa Tengah dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Tegal yang juga Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M , Selasa (15/12). 


Acara pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di masing-masing empat Kwaran Gerakan Pramuka. Yakni Kwaran Tegal Timur, Kwaran Tegal Barat, Kwaran Tegal Selatan dan Kwaran Margadana. Acara pelantikan berlangsung secara estafet dari satu Kwaran ke Kwaran lainnya dan berjalan penuh khidmat. 

Jumadi menuturkan Pramuka Garuda ini baru pertama kali di Kwartir Kota Tegal. 

"Ini kita sebut sebagai embrio atau cikal bakal awal terbentuknya Pramuka Garuda di Kota Tegal," Kata Jumadi.

Jumadi menambahkan Pramuka Garuda adalah ketika seseorang Anggota Muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan. Seorang Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega ditetapkan sebagai Pramuka Garuda jika telah memenuhi syarat - syarat yang telah ditentukan dalam Petunjuk Kwartir Nasional tentang Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Pencapaian Pramuka Garuda harus melalui proses yang telah diatur dalam kepramukaan. 

Menurut Jumadi, peserta didik mengikuti proses latihan sesuai dengan petunjuk dan arahan Pembina dan menjadi teladan di lingkungannya.

Khusus Pramuka Penegak dan Pandega ikut serta berperan dalam membantu membina peserta didik disekolah masing-masing. 

Lalu, Pembina memberikan motivasi dan bimbingan secara terus-menerus dalam satuan pendidikan dan atau lingkungan masyarakat dengan mengacu pada prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Di sisi lain, keluarga memberikan dorongan dan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik melalui tahapan proses latihan yang memadai di gugus depan sehingga mampu mencapai predikat Pramuka Garuda. 

"Kwartir memberikan motivasi dan memfasilitasi penyelenggaraan penilai pencapaian Pramuka Garuda," pungkas Jumadi. ***( Ag)

Iklan

iklan