Harian Berantas

Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    terkini

    Iklan

    DPRD Jabar Minta Koreksi Anggaran Covid-19 Jabar

    HARIAN BERANTAS
    24/07/2020, 08:41 WIB Last Updated 2021-08-03T12:22:18Z
    BANDUNG, HARIAN BERANTAS – Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati mendorong koreksi terhadap rencana alokasi anggaran untuk percepatan penanggulangan Covid-19 Jawa Barat.
    Itu setelah Presiden Joko WidodomembubarkanGugus Tugas Covid-19.
    Selain itu, Rahmat juga mendorong Pemprov Jabar mempertimbangkan pembentukan satuan tugas serupa di Jawa Barat, mengingat Covid-19 hingga saat ini pandemi masih belum menunjukkan penurunan
    “Yang pertama kita harus periksa ulang realokasi anggaran atau refocusing APBD Jabar 2020 untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19, besaran anggarannya berapa. Awalnya kan diperkirakan 16 Triliun,” tegas Rahmat, Kamis (23/7).
    Begitupun, kata dia, pembagian alokasi anggaran untuk penanganan kesehatan, penanganan dampak sosial melalui jaring pengaman sosial atau bansos kepada rumahtangga sasaran itu, juga harus terkoreksi seperti apa perhitungannya.
    Jadi, alokasi anggaran kesehatan yang di dalamnya ada (pengadaan) APD, rapid test, swab, penyediaan anggaran buat penelitian, bantuan Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar,” tegasnya.
    Mengenai ide pembentukan satuan tugas Covid-19 sebagai alternatif pengganti Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan dan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, menurutnya bisa dibentuk melalui dasar hukum Keputusan Gubernur dan Keputusan Bupati/Wali Kota di tingkat daerah.
    Hanya saja, lanjut dia, bentuk serta tugasnya tentu tidak harus sama persis dengan gugus tugas sebelumnya.
    Satuan atau gugus tugas yang baru bisa dibentuk berdasarkan kebutuhan penanganan yang spesifik di masyarakat guna memperbaik dampak pandemi.
    Misalnya diubah menjadi satgas penanganan ekonomi. Namun harus jelas mekanismenya seperti apa. Nah ini harus dikejar nih, cari info detail skemanya kayak apa,” kata dia.
    (NH)***
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • DPRD Jabar Minta Koreksi Anggaran Covid-19 Jabar

    Terkini


    Iklan

    Close x