Harian Berantas

Harian Berantas - Berani, Tegas dan Akuntabilitas

  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    terkini

    Kapal Antik Hindia Belanda Ditemukan di Nias Utara

    HARIAN BERANTAS
    27/06/2020, 08:58 WIB Last Updated 2021-08-03T11:16:08Z


    Illustrasi (Nett)
    HARIAN BERANTAS, NIAS UTARA (SUMUT)- Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara bersama para Nelayan menemukan sebuah kapal Barang Niaga Hindia Belanda di perairan/sungai Kabupaten Nias Utara, tepatnya di perairan Goso Uma Desa Siheneasi, Kecamatan Lahewa. Kata Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, Jum'at (26/06/2020)

    Penemuan Kapal Niaga Hindia Belanda tersebut di benarkan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua. Kapada awak media Sabar Jaya Telaumbanua menjelaskan, kapal karam bekas peninggalan benda ini di ketemukan oleh nelayan tradisional yang sedang mencari ikan di perairan Goso Uma yang masuk perairan Desa Siheneasi kecamatan Lahewa, tapi nelayan tersebut sekarang berdomisili di Sibolga.

    Pihak Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara telah melaporkan dan menindaklanjuti penemuan kapal niaga Hindia Belanda tersebut dan telah turun ke lokasi dan ternyata dapat dilihat secara langsungdengan kedalaman kapal sekitar 20 Meter ke dasar laut.

    Dinas perikanan Kabupaten Nias Utara telah melakukan rapat bersama dengan berbagai pihak pada tanggal 17 Juni 2020 lalu, dengan tujuan untuk pengembangan wisata dibawah laut dan wisata minat khusus berupa wisata kapal tenggelam untuk di kembangkan dan di lestarilan keberadaan nya sebagai peninggalan bersejarah di wilayah perairan kabupaten nias utara. Jelasnya

    Salah seorang Tokoh masyarakat  menyatakan, kapal karam tersebut adalah harta kekayaan masyarakat khususnya kabupaten nias utara dan kami sangat mendukung bilamana di jadikan objek wisata dibawah laut, sehingga wisatawan manca negara dan domestik selalu berdatangan untuk melihat dan menikmati kekayaan dibawah laut di perairan laut kabupaten nias utara. Tuturnya

    Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Erila Telaumbanua mengatakan, upaya pelestarian wisata di Nias Utara secara pribadi sangat mendukung bilamana kapal tersebut di jadikan wisata dibawah laut, dan hal ini bisa mendatangkan inkam PAD Kabupaten Nias Utara kedepan jika di kelola dengan baik oleh pemeritah bersama masyarakat khususnya kecamatan lahewa. 

    Erila mengajak seluh lapisan masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif menjaga agar jangan sampai kapal tersebut di manfaatkan untuk di eksploitasi. Serta mendukung pemerintah kanupaten nias utara untuk di jadikan wisata dibawah laut, Pintanya (Tim)

    Penulis : Yasaaro Giawa
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kapal Antik Hindia Belanda Ditemukan di Nias Utara

    Terkini

    Iklan

    Close x