Headlines News :
Home » » Warga Jatilaba Sulap Sampah Plastik Jadi Paving Block

Warga Jatilaba Sulap Sampah Plastik Jadi Paving Block

Written By HARIANBERANTAS on Minggu, 23 Mei 2021 | 08.55.00

HARIANBERANTAS, MARGASARI - Prihatin dengan produksi sampah plastik yang terus meningkat, Subekhi (41), warga Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, berinisiatif mengolah sampah plastik menjadi paving blok. Ide tersebut muncul ketika ia menemukan banyak tumpukan sampah di pinggir jalan yang dinilai mengganggu kenyamanan.

“Saya prihatin dan gelisah bila ada tumpukan sampah di beberapa titik. Apalagi di bagian pinggir jalan karena mengganggu pandangan. Jadi, dari situ saya ingin berkontribusi, memilah sampah plastik dan menjadikannya paving blok, ”kata Subekhi saat ditemui di rumahnya, Senin (22/3/2021) sore.

Menurutnya, Bahan baku utama pembuatan paving block adalah sampah plastik utuh, minyak bekas (OLI) dan abu hasil pembakaran sampah plastik. Ia mnyebut,  Bahan plastik ini juga diperoleh Subekhi dari sampah warga sekitar Desa Jatilaba.

“Setiap hari kami keliling kampung untuk mengumpulkan sampah plastik dari kaleng yang sudah saya persiapkan khusus untuk warga,” jelasnya.

Selain itu, kata Subheki, Karena proses pembuatannya masih menggunakan sistem manual, dalam sehari Subekhi hanya mampu memproduksi paving blok sepanjang dua meter. Setiap meter terdiri dari 36 paving blok. 

“Penjualannya masih lokal di sekitar desa. Itu pun belum sepenuhnya terpenuhi karena keterbatasan tenaga manusia dan kendala peralatan. Kami jual satu meter persegi paving block ini seharga Rp 75 ribu,” jelasnya.



Selain mengolah sampah plastik menjadi paving blok, Subekhi juga memanfaatkan sampah organik untuk pembuatan kompos. Satu kilogram kompos harganya seribu rupiah.

Subekhi berharap ide kreatif ini bisa ditiru bahkan dikembangkan oleh warga lain. Apalagi, menurutnya, persoalan sampah semakin kompleks dan pengelolaan sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama.

“Ayo kita bicarakan masalah sampah ini bersama-sama. Kurangi produksi dengan mengelola sampah dengan baik. Semua orang punya tanggung jawab yang sama terkait sampah ini, jangan dibuang sembarangan, semoga bisa dikelola dari rumah masing-masing. Sampah organik bisa diolah untuk dijadikan kompos dan sampah plastik bisa didaur ulang, ”pungkasnya. (ag)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas