Headlines News :
Home » , » Kejadian di Area PT. Chevron, Terduga Pelaku Penipuan Diciduk Polsek Rumbai Pesisir

Kejadian di Area PT. Chevron, Terduga Pelaku Penipuan Diciduk Polsek Rumbai Pesisir

Written By HARIANBERANTAS on Sunday, September 27, 2020 | 10:54:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Polresta Kota Pekanbaru melalui Polsek Rumbai Pesisir berhasil mengamankan seorang laki-laki dewasa terkait kasus dugaan tindak pidana penipuan yang terjadi di area PT. Chevron Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru pada januari 2019 silam.  Pelaku diciduk polisi, hari ini Minggu (27/09/2020) usai dimintai keterangannya oleh penyidik sebagai tersangka.

Pasangan suami istri (Pasutri) terperdaya dengan pelaku berkedok kerjasama jual beli Tandan Buah Sawit (TBS). Pasutri ini terlalu percaya dan tidak menaruh kecurigaan terhadap pelaku sehingga rela  mentransfer sejumlah uangnya dengan jumlah yang sangat fantastis melalui Bank Mandiri yang berlokasi di area komplek PT. Chevron Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya., S.I.K., M.H melalui Kapolsek Rumbai Pesisir AKP Maitertika.SH.M.H membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap tersangka berinisial B alias A bin MS (36) warga Kecamatan Tualang (Perawang) Kabupaten Siak pada hari Jumat tanggal 25 September 2020 sekira pukul 16.00 wib. Tersangka datang ke Polsek Rumbai Pesisir kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka dalam hal menindaklanjuti laporan pengaduan dari korban pada hari Minggu  tanggal 24 November 2019 pukul 13.30 Wib. 

Dikatakan Kapolsek Rumbai Pesisir, diawali dengan kerjasama kedua belah pihak yang telah dibuat perjanjian sebelumnya dengan surat perjanjian nomor : 1333/leg/2019 tanggal 08 Januari 2019, korban Rigolen dan Syamsiar sebagai pemodal sedangkan tersangka sebagai agen peron atau penampung TBS dari masyarakat, dan nantinya buah sawit itu akan dijual ke pabrik kelapa sawit. namun uang yang telah disetor kepada tersangka dipergunakan untuk kepentingan pribadi dan tidak dikembalikan kepada korban.

"Dalam perjanjian kesepakatan itu tersangka akan memberikan keuntungan kepada korban setiap 6 (enam) bulan sekali dari usaha jual beli buah sawit, dan jatuh tempo selama enam bulan tersangka harus mengembalikan uang modal kepada korban, pada hari Rabu tanggal 10 Januari 2019 pukul 13.45 wib korban mentransfer uang melalui rekening istri tersangka bernama Junainiyah sebesar Rp.350.000.000 ( tiga ratus lima puluh juta rupiah), tambah Kapolsek.

Jumat (25/09/2020) sekira pukul 10.00 wib, tersangka mendatangi Polsek Rumbai pesisir dan dilakukan pemeriksaan tersangka  berdasar berita acara pemeriksaan tersangka dan telah memenuhi unsur tindak pidana penipuan, Kapolsek Rumbai Pesisir AKP Maitertika SH.M.H memerintahkan Kanit Reskrim Ipda  Febry Hermawan .S.Tr.K.M.H melakukan penangkapan dan penahanan terhadap tersangka untuk memudahkan proses penyidikan, ujar Kapolsek.

Dalam penyidikan kasus tersangka dilakukan penyitaan barang bukti 1 (satu) rangkap surat perjanjian Nomor : 1333/leg/2019, tanggal 08 Januari 2019, 1 (satu) lembar slip setoran Bank Mandiri.*(hms/ Polresta/red).



Pembaca setia, beri masukan atas artikel ini dapat menghubungi Contak Pengaduan berikut ini  :

Telpon/SMS/WatsApp ke 0813 71662235 dan / atau Suret E-mail: harianberantas@gmail.com dan/atau melalui kolom komentar di bawah ini

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas