Headlines News :
Home » » Bupati Inhu H. Yopi Arianto,SE: Manfaatkan Momentum Peringati 1 Muharram 1442 H Tingkatkan Nilai-nilai Islam

Bupati Inhu H. Yopi Arianto,SE: Manfaatkan Momentum Peringati 1 Muharram 1442 H Tingkatkan Nilai-nilai Islam

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, August 19, 2020 | 8:24:00 AM

ADVETORIAL


HARIANBERANTAS, INHU- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H. Kegiata memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H kali ini dilaksanakan di Mesjid Nurul Iman, Rabu (19/8/2020) malam.

Acara memperingati  Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H ini mendapat pengamanan dari berbagai satuan keamana yakni TNI, Polri dan Satpol PP serta didukung oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.


Selain itu, kegiatan tersebut turut terlihat dihadiri oleh tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antara lain Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kakan Satpol PP. Acara ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, alim ulama, dan masyarakat di Pematang Reba.


Bupati Indragiri Hulu, H Yopi Arianto SE melalui Sekretaris Bappeda Sukarjo mengucapan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H.


Dalam kesempatan tersebut Bupati menekankan agar di peringatan Tahun Baru Islam yang bertempatan negara sedang dilanda bencana nasional Pandemi Covid-19 agar dapat dijadikan momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta menjadi ajang untuk selalu saling Introspeksi diri.


Yopi meminta semua pihak termasuk masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu auntuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dan daerah


"Diharapkan aga selalu membersikan diri dan memakai masker waktu keluar dan masuk rumah" Pinta Yopi


“Mudah-mudahan, dengan semangat Tahun Baru Islam 1442 H, upaya kita untuk mengaktualisasikan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari akan semakin meningkat" katanya.


Acara ini kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Iskandar dari Pematang Reba.


Pantauan awak media dilokasi, acara memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H terlaksana penuh hikmah. Meskipun negara sedang dilanda bencana nasional pandemi Covid-19, namun tidak mematahkan semangat masyarakat untuk melakukan shalat dan menikmati ayat-ayat suci yang disampaiakan oleh Ustadz Iskandar.


Sebelumnya Buapti Indragiri Hulu mengundang seluruh stakholder untuk menghadiri acara memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, berikut isi surat undangannya:


Assalamu’alaikum WR. WB


Yang kami hormati,

  • Ketua dan anggota DPRD kabupaten indragiri hulu
  • Anggota forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten indragiri hulu
  • Pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten indragiri hulu 
  • Kepala kantor kementerian agama kabupaten indragiri hulu beserta jajaran
  • Ketua majelis ulama indonesia kabupaten indragiri hulu
  • Pengurus organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan organisasi wanita di kabupaten indragiri hulu
  • Tokoh masyarakat, alim ulama dan cendikiawan
  • Aparatur sipil negara dan tenaga harian lepas di lingkungan pemerintah kabupaten indragiri hulu, serta hadirin yang berbahagia


Marilah sejenak kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt, tuhan yang maha kuasa, karena atas izin-nya, kita dapat hadir bersama-sama untuk memperingati tahun baru islam 1442 hijriyah. 


Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada junjungan alam, nabi muhammad saw, dengan mengucapkan allahumma shalli ala muhammad, waala ali muhammad. Semoga kelak, kita mendapat syafaat dari beliau di yaumil mahsyar, amin ya rabbal alamin.


Mengawali sambutan ini, izinkan saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten indragiri hulu, mengucapkan selamat tahun baru islam 1442 hijriyah kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat di kabupaten indragiri hulu.


Saya berharap momentum peringatan tahun baru islam ditengah-tengah pandemi covid-19 ini menjadi ritual kita untuk lebih mendekatkan diri kepada allah swt, serta ajang untuk selalu intropeksi diri agar kita lebih memahami dan menyadari posisi, peran, serta misi kita sebagai muslim, di semua tatanan kehidupan yang kita hadapi. Kegiatan ini merupakan bentuk syiar islam sekaligus refleksi bagi kita semua dalam memperingati dan memaknai tahun baru islam 1442 hijriyah. 


Hadirin yang saya hormati, Hijrah nabi muhammad dari mekkah ke  madinah yang dijadikan dasar penetapan tahun hijriyah merupakan tonggak sejarah bagi peradaban manusia di muka bumi, khususnya kaum muslim.  Mengenang sekaligus memperingati peristiwa tersebut mengandung hikmah yang besar bagi kehidupan umat islam, terutama untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran kita dalam mengamalkan ajaran islam, sehingga dapat berperan menjadi kekuatan sejarah sepanjang masa.


Peringatan pergantian tahun hijriyah hendaknya kita jadikan sebagai momentum untuk mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah untuk perbaikan diri kita secara keseluruhan. Semangat hijrah untuk meninggalkan hal-hal yang buruk menuju kepada yang lebih baik, berhijrah dari kehidupan yang mementingkan diri sendiri kepada kehidupan yang peduli dan berempati terhadap penderitaan sesama.


Mari kita jaga kebersamaan, menjaga optimisme dalam menghadapi tantangan yang semakin sulit. Jadikan peringatan tahun baru islam ini sebagai stimulan untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan dan pengamalan tentang  ajaran islam yang rahmatan lil alamin.  


Mudah-mudahan, dengan semangat tahun baru islam 1442 hijriyah, upaya kita untuk mengaktualisasikan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari akan semakin baik.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga allah swt, tuhan yang maha esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-nya kepada kita semua.


Terimakasih


Wabillahitaufiq wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb.


Pematang reba,      agustus 2020

Bupati Indragiri Hulu


Ttd


H. YOPI ARIANTO, SE



Kategori : Advetorial Pemda Inhu

Penulis : Pinten Sitorus

Editor : Anas


Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas