Headlines News :
Home » , » Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Minta Pemrov Maksimalkan Aset

Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Minta Pemrov Maksimalkan Aset

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, July 16, 2020 | 10:32:00 AM


HARIANBERANTAS, BANDUNG – Pemerintah Daerah perlu menyiapkan instrumen yang tepat untuk melakukan pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, akuntabel, efesien dan efektif mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan serta pengawasannya.
Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat lakukan rapat kerja bersama mitra kerja komisi dalam rangka pembahasan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) Tahun Anggaran 2019, bertempat di Bandung Giri Gahana Golf & Resort Kabupaten Sumedang, Kamis (16/07/2020)
Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan menghasilkan beberapa catatan terkait serapan anggaran dari masing-masing mitra.
“Ada yang persentase serapanya sesuai dan tepat, ada yang persentasenya kurang sedikit dan juga ada yang serapan persentasenya sangat rendah, tadi juga kita sudah meminta penjelasan terkait kurangnya serapan persentase itu”ucap Sadar.
Ia menambahkan, adanya gagal lelang, dan penurunan harga sehingga menyebabkan terjadinya pengurangan efisiensi serapan anggaran. Selain itu Sadar menyebut, ada beberapa program yang di evaluasi yang dikarenakan kurang tepat output dan income nya tidak cukup baik sehingga hal tresebut  akan menjadi catatan pihaknya.
Dalam situasi seperti ini, maka peran serta masyarakat khususnya anggota DPRD sangat penting dalam hal ikut melakukan pengawasan ( monitoring ) apakah aset yang tadi sudah direncanakan oleh pemerintah daerah yang bersangkutan benarbenar dibutuhkan dan efisien.
“Dari beberapa hasil evaluasi kami meminta, ada beberapa program yang tidak dilanjutkam karena output dan incomenya tidak baik dan khususnya aset pemerintah provinsi jawa barat harus bisa lebih dimaksimalkan lagi”ujar Sadar.
“Dan harus bisa mencari solusi atau alternatif yang lebih baik dari sekarang untuk bisa memaksimalkan aset pemerintah provinsi jawa barat”tandasnya.
Perlunya dibuat perencanaan strategik, baik yang sifatnya jangka pendek, menengah maupun jangka panjang mengenai pengelolaan aset daerah serta perlunya ditetapkan indikator kinerja pengelolaan kekayaan daerah.
Indikator kinerja ini sangat penting untuk menilai kinerja pemerintah daerah dalam hal mengelola kekayaan daerah serta memberi petunjuk bagi pemerintah daerah untuk bertindak agar terhindar dari ekses negatif.
(hs)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas