Headlines News :
Home » , » Pansus VII DPRD Jabar Road Show Ke Sejumlah Pondok Pesantren

Pansus VII DPRD Jabar Road Show Ke Sejumlah Pondok Pesantren

Written By HARIANBERANTAS on Monday, June 15, 2020 | 9:24:00 AM

Bandung, Harian Berantas - anitia khusus (Pansus) Raperda VII DPRD Jabar, tentang Penyelenggaraan Pesantren menggelar roadshow ke sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Jawa Barat. Menurut Ketua pansus VII DPRD Provinsi Jawa Barat Sidkon Djampi, roadshow ini digelar dalam rangka konsultasi rencana pembentukan peraturan daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pesantren di Jawa Barat.
Sidkon mengatakan, pondok pesantren adalah pendidikan khas nusantara yang mandiri. Pesantren ada sebelum negara Indonesia ada dan keberadaannya hingga saat ini masih eksis dan mewarnai masyarakat.
Sidkon menjelaskan, Raperda penyelenggaraan Ponpes dibuat untuk mengoptimalkan peranan Ponpes. Nantinya, Perda ini akan menjadi Perda pondok pesantren pertama, setelah disahkannya undang-undang pondok pesantren no 18 tahun 2019.
Menurutnya, keberadaan UU Pondok Pesantren no 18 tahun 2019 dan di Jawa Barat reperda pondok pesantren yang tengah di "godog" merupakan upaya agar negara hadir untuk memajukan pendidikan pesantren. Dengan adanya UU serta  adanya Perda Ponpes nanti, kalangan pesantren diharapkan bisa lebih maju dalam mengelola ponpesnya.
"Hadirnya negara lewat UU pesantren dan kita tindaklanjuti dengan perda tentang Penyelenggaraan Pesantren ini adalah sebagai guide lines bagi pengembangan pesantren. Diharapkan undang-undang dan perda ponpes ini menjadi instrumen optimalisasi untuk mencapai pesantren yang maju dan lebih baik," ujar Sidkon, Ahad (14/6).
Menurutnya, Keberadaan UU Pondok Pesantren no 18 tahun 2019 dan di Jawa Barat reperda pondok pesantren yang tengah di "godog" merupakan upaya agar negara hadir untuk memajukan pendidikan pesantren.
‘’Dengan adanya UU serta  adanya perda ponpes nanti, kalangan pesantren diharapkan bisa lebih maju dalam mengelola ponpesnya.’’ ucapnya.(rp)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas