Headlines News :
Home » , » Inhu Aman Dari Virus Corona

Inhu Aman Dari Virus Corona

Written By HARIANBERANTAS on Wednesday, June 24, 2020 | 10:54:00 AM

Adventorial (Inhu)
 
HARIANBRANTAS, INHU- Pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hulu siap menyongsong pelaksanaan normal baru (New Normal) dalam mendukung fungsionalitas rumah ibadah, keberlangsungan dan pemulihan ekonomi dan pendidikan pada masa pendemi Covid-19. 

Pelaksanaan New Normal dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang disusun untuk mengatur seluruh aktifitas masyarakat, agar tetap mempedomani aturan-aturan kesehatan sehingga dapat meminimalisir resiko dan dampak pandemi Covid-19 sekaligus memutus mata rantai penyebaranya. 

Kesiapan Kabupaten Inhu dalam menyongsong pelaksanaan New Normal dilakukan dengan mempersiapkan rumusan aturan protokol kesehatan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan New Normal nantinya, dimana dalam persiapan menyongsong New Normal di Inhu dibawah arahan Wakil Bupati Inhu Khairizal merumuskan berbagaj aturan yang dilakukan dalam beberapa kali pertemuan bersama seluruh tim gugus tugas Inhu, tokoh masyarakat, Forkompinda dan berbagai elemen masyarakat Inhu lainya.

"Tatanan kehidupan baru atau new normal ini bertujuan mengatur seluruh aktifitas masyarakat, agar tetap mempedomani aturan-aturan kesehatan sehingga dapat meminimalisir resiko dan dampak pendemi Covid-19 sekaligus memutus mata rantai penyebaranya," jelas wakil Bupati Indragiri Hulu H Khairizal.

Demikian Bupati Indragiri Hulu  H Yopi Arianto terus berbenah memberikan yang terbaik terkait penanganan Covid-19. Hal ini demi memutus perkembangan mata rantai Virus Corona.

Belum lama ini juga melalui OPD Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kabupaten Indragiri Hulu misalnya. OPD ini diketahui terus melakukan rasionalisasi anggaran besar-besaran untuk kebutuhan penanganan Covid-19.

Bupati Inhu H Yopi Arianto melalui Setwan DPRD Inhu, Drs Kuwat Widianto menegaskan warga untuk menghindari kerumunan warga dan terus menjaga Psysical Distancing di kerumunan warga.

“Seperti sikap saling membelakangi ketika berada dalam lift, tidak menggunakan absen finger print dan rutin membersihkan areal kerja menggunakan desinfektan,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau tidak terlalu sering menyentuh barang yang digunakan bersama di areal kerja, rutin menggunakan hand sanitizer, tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan sesama rekan kerja.

Terakhir usahakan adanya aliran udara yang bagus di sekitar areal kerja. Termasuk cukup nya sinar matahari yang masuk ke areal kerja.

Bahkan dirinya juga menekankan untuk menghindari berjabatan tangan. Serta selalu menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu dirinya juga menganjurkan untuk mengubah perilaku hidup sehat dan bersih.

Terutama bersih diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Pemerintah tetap menghimbau agar masyarakat menggiatkan gotong-royong dalam menghadapi covid-19, baik tokoh agama, tokoh pemuda, masyarakat maupun elemen lain, agar punya peranan untuk mengajak masyarakat bergotong-royong mengikis diskriminasi terhadap pasien maupun jenazah covid-19.

Maka dari itu sebutnya, harus melakukan lima langkah yang bisa diterapkan yaitu, membuat grup Messenger khusus warga setempat untuk bertukar info, mengajak warga tak antipati pada pasien atau jenazah positive covid 19, melakukan cek ricek info beredar untuk hindari hoax atau kabar miring menyegarkan langkah prosedural terkait pencegahan dan isolasi mandiri .”tandasnya.

Sedangkan Jawalter’ menghimbau di tempat kerja harus tetap memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan dan saat tiba ditempat tujuan, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Masih Kepala Dinas Komimfo mewakili Bupati Inhu menambahkan, dia menghimbau kiranya tetap menggunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift, upayakan tidak berkerumun dan menjaga jarak di tangga lift dengan posisi saling membelakangi, untuk sementara tidak menggunakan absensi finger print dan bersihkan meja / area kerja dengan desinfektan.

Serta lakukanlah upaya dengan niat tidak sering menyentuh fasilitas peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan Hand sanitizer, ” jelasnya.

Jawalter’ juga mengajak untuk tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter, usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Biasakan untuk sementara tidak berjabat tangan.

Masker tetap digunakan dan jadikan suatu kebutuhan, selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, dan terus tingkatkan pola kebersihan pada diri sendiri, keluarga dan kelompok masyarakat.

Pertama memasang himbauan dan informasi seperti baliho dan spanduk di lingkungan kantor dan beberapa tempat strategis dan juga di tiga Kecamatan antara lain kecamatan Rengat Kecamatan seberida dan Kecamatan Pasir penyu untuk pencegahan penyebarluasan virus ke-19 di Kabupaten Indragiri Hulu.

Menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun di lingkungan kantor DPRD Kabupaten Indragiri Hulu sesuai protokol kesehatan pencegahan covid-19.
Sependapat M. Amin selaku staf mewakili Kesbangpol Kabupaten Indragiri Hulu. Dikatakan untuk pencegahan penularan dan menekan perkembangan Covid-19, Pemkab Inhu terus mengimbau seluruh staf, honorer dan relawan covid 19 untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

“Kita juga membuat surat edaran kepada forum mitra kerja Kesbangpol, yakni FKDM, FPK, FKUB dan pimpinan ormas/LSM untuk hal yang sama,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya sudah membuat surat penundaan jadwal penandatanganan MoU internal dan blocking areal yang ditujukan kepada perusahaan dan kelompok tani yang akan melaksanakan penandatanganan MoU internal dan blocking areal.

Selain itu, antisipasi pencegahan penularan covid-19, membangun tangki cuci tangan sebanyak 30 unit di rumah ibadah, fasilitas umum dan fasilitas sosial serta memberikan bantuan beras 300 kilogram terhadap warga dampak pandemi covid-19.     (Adv Diskomimfo Inhu) 19/06/2020. Pinten S.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas