Headlines News :
Home » , » Pemkab Inhu Lakukan Penyesuaian Anggaran Covid-19 TA.2020

Pemkab Inhu Lakukan Penyesuaian Anggaran Covid-19 TA.2020

Written By HARIANBERANTAS on Thursday, May 14, 2020 | 12:13:00 PM

Adventorial Pemkab. Inhu

HARIANBRANTAS, INHU- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), harus melakukan penyesuaian anggaran terhadap belanja daerah  yang sebahagian untuk percepatan penanganan covid -19.

Bupati H Yopi Arianyo SE melalui Kepala Bappeda Drs.H Junaidi Rachmat MSi di wakili Sekeretarisnya H Sukarjo S.Si MSi mengatakan, bahwa perlu dilakukan untuk siaga anggaran. “ Anggaran itu diambil itu melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu.”

Jika mengacu pada Surat Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 177/KMK-07/2020 Tentang Percepatan Penyelesaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam rangka penanganan Corona virus Disease 2019 atau Covid -19 serta pengawasan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional, harus maksimal dilakukan pengurangan sebesar 50% dari besaran angka kegiatan fisik yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ).

Sebab, wajib lebih mengutamakan untuk anggaran penanganan untuk memutus mata rantai corona virus ini. Apalagi dampak Covid -19 ini, otomatis berpengaruh pada sejumlah kegiatan yang direncanakan bakal tertunda sementara.”tukasnya.

Artinya dengan mematuhi anjuran yang ditekankan melalui Surat Kesepakatan Bersama ( SKB ) menteri itu, harus melakukan penyesuaian dengan melakukan rasionalisasi anggaran melalui OPD masing – masing yang ada.

Masih dijelaskan, Bupati Inhu telah mengeluarkan Surat Keputusan nomor KPTS.270/IV/2020 tertanggal 16 April 2020 tentang Perubahan Keputusan Nomor KPTS.183/III/2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Non-Alam akibat Virus Corona, dengan menetapkan status siaga darurat berlaku selama 44 hari terhitung tanggal 16 April 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 mendatang.

Sebagaimana Bupati  H Yopi Arianto SE, telah mengambil langkah terbaik untuk pemutusan mata rantai penyebaran Corona virus Disease atau Covid -19 di Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), dan diharap wabah non alam ini kiranya dapat segera berakhir.”katanya.

Sebelumnya upaya yang dilakukan Bappeda lanjutnya’ telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam internal secara bersama, termasuk gotong royong dengan pembersihan lingkungan sekitar wilayah perkantoran,  dan menghimbau pada ASN di Bappeda agar tetap selalui menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan memakai sabun, memakai masker, jaga kebersihan dan tetap mematuhi himbauan pemerintah untuk mematuhi yang dianjurkan protokol kesehatan, 

Marilah bersama terus bersinergi, karena tim gugus tugas yang merupakan semua unsur telah di libatkan, dan seluruh komponen harus terlibat mengatasi pandemi korona, dengan cara itu Insya' Allah Inhu bisa terbebas.”paparnya yang juga di dampingi Kapala Bidang Perencanaan dan Litbang, Lia Damita, SP,MSi, Kepala Bidang Ekonomi, Hasmidat.SE dan Kepala Bidang Fisik dan Sarana Prasarana, Eldja Septarima ST.

Bupati Inhu melalui Juru Bicara Media Center Penanganan Percepatan Covid -19, Jawalter Situmorang MPd mengatakan, bahwa perkembangan Covid -19’ secara  update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu tanggal 12 Mei 2020, terdapat ODP kumulatif dari tanggal 22 Maret s/d 12 Mei 2020 sebanyak 417 orang, dengan rincian ODP dalam pemantauan 16 orang (3,83%), dan ODP selesai pemantauan 401 orang (96,17%). 

Masih Jawalter’ yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika itu, diakuinya bahwa ODP yang diperiksa Rapid sebanyak 348 orang dengan hasil Rapid Negatif 347 orang, dan Positif (Reaktif) 1 orang, sedangkan OTG 108 orang. 

Untuk Kumulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret s/d 12 Mei 2020 sebanyak 4.277 orang, dengan rincian, PP dalam pemantauan 444 orang, dan PP selesai pemantauan 3.833 orang. Sedangkan Total PDP sebanyak 9 orang, dimana PDP masih di rawat 3 orang, dan PDP sehat dan pulang 6 orang.

Adapun kasus Positif COVID -19 (Terkonfirmasi) di Kabupaten Indragiri Hulu lanjutnya, tercatat sebanyak 2 orang, dimana pasien masih di rawat secara intensif.

Jawalter berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan masyarakat Inhu bebas dari dari Virus Corona yang sangat ganas saat ini.

Selain berharap bebas tanpa virus pandemi Covid-19 juga diharapkan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti semula tanpa hambatan apapun. Tutup Jawalter. (Adv/Diskominfo/P.S)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas