Headlines News :
Home » , » Melalui Tim Gugus Covid-19, Pemda Inhu Terus Berkomitmen Lawan Virus Corona

Melalui Tim Gugus Covid-19, Pemda Inhu Terus Berkomitmen Lawan Virus Corona

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, May 19, 2020 | 8:02:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Guna untuk memutuskan mata rantai wabah penyebaran corona virus disease-19 dikabupaten indragiri hulu (inhu), bupati indragiri hulu H. Yopi arianto SE melalui sekretaris dewan (sekwan) juga turut ambil amdal berpartisipasi mengambil langkah langkah percepatan penanganan covid-19 khususnya dibumi melayu indragiri hulu.
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE

Dalam memerangi wabah corona virus desease (covid-19) organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga salah satu satuan kerja dipemerintahan kabupaten indragiri hulu dimana khususnya mengurusi lembaga atau anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) ini tentunya wajib mendukung segala kebijakan daripada pemerintah kabupaten inhu yang dipimpin oleh bupati indragiri hulu H. Yopi arianto SE dalam pencegahan penularan covid19.

Hal ini dipaparkan sekretaris dewan (sekwan) kuwat widiyanto senin (18/05/20) dalam konfrensi perss viccon gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dizoom pemkab inhu. Dikatakannya, kita (sekwan-red) menyampaikan dukungan penuh dalam memerangi penyebaran covid19 di inhu melalui gugus tugas percepatan.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan sekwan inhu dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, dimana hal ini adalah bagian daripada instruksi bupati inhu kepada sekretaris dewan ujarnya.

Disisi lain, secara personal (individu) neberapa anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) indragiri hulu juga sudah melaksanakan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat guna untuk pencegahan penyebaran wabah covid19 dilapangan.

Mengenai realisasi anggaran sambung kuwat, anggaran dari dana reses anggota DPRD inhu juga akan dialihkan untuk penanganan tanggap darurat covid19. Dan semua masih sedang dalam proses penghitungan dan pengesahan yang secepatnya akan direalisasikan imbuh sekwan.

Sementara juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid19 kabupaten indragiri hulu Jawalter situmorang M.Pd menyampaikan, pemerintah kabupaten (pemkab) indragiri hulu (inhu) melalui sekretariat dewan perwakilan rakyat daerah (sekwan) DPRD inhu telah mengambil dan membuat langkah juga kegiatan kegiatan dalam mendukung pencegahan dan penyebaran mata rantai covid-19 dikabupaten indragiri hulu.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh sekwan DPRD inhu untuk mencegah penyebarluasan covid-19 yakni antara lain: memasang himbauan dan informasi serta baliho juga spanduk dilingkungan kantor dan beberapa tempat strategis ditiga kecamatan yaitu dikecamatan rengat, kecamatan pasir penyu dan kecamatan seberida. Hal ini guna untuk pemahaman dan pencegahan penyebaran covid19 di inhu.

Melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungan kantor DPRD dan juga didalam ruangan kantor DPRD kabupaten indragiri hulu. Menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun dilingkungan kantor DPRD dimana sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan oenyebaran covid19.

Dan yang paling pentingnya melakukan koordinasi bersama tim gugus tugas percepatan penanganan covid19 kabupaten inhu untuk melakukan kegiatan mitigasi maupun pengawasan dan pengamanan pencegahan penyebarluasan corona virus disease-19.

Ditambahkan Jawalter, update data terakhir yang dihimpun oleh gugus tugas penanganan pecepatan covid19 dikantor kominfo kabupaten indragiri hulu dari dinas kesehatan kabupaten indragiri hulu tanggal 18 mei 2020 yakni terdapat 419 orang dalam pemantauan (ODP) dimana 411 selesai selesai pemantauan. Untuk ODP yang diperiksa rapid test sebanyak 411 orang dengan hasil rapid negatif sebanyak 409 orang dan positif reaktif sebanyak 2 orang.

Sedangkan untuk orang tanpa gejala (OTG) meningkat menjadi sebanyak 163 orang, komulatif pelaku perjalanan (PP) sementara pertanggal 28 maret sampai dengan 18 mei 2020 sebanyak 4482 orang dengan rincian Pelaku perjalanan atau PP dalam pantauan 419 orang  dan PP selesai pemantauan 4063 orang.

Dan untuk total pasien dalam pantauan (PDP) 11 orang, dimana PDP masih dirawat 1 orang dan PDP sehat dan pulang 10 orang. Untuk kasus terkonfirmasi positif covid-19 ada 3 orang, dimana 2 orang masih dilakukan perawatan dan satu orang sembuh, dan meninggal dunia 0, sebut jawalter.

Pemerintah kabupaten indragiri hulu (inhu) melalui gugus tugas percepatan covid19 inhu tanpa bosan bosannya  menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu memakai pola hidup bersih dan sehat.

Bilaman harus tetap bekerja dimanapun, agar selalu menjaga penularan dan terhindar dari covid19. Harus selalu menjaga situasi dan kodusi dimanapun tempat bekerja. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Gunakan sarung tangan atau siku jika membuka pintu umum atau menggunakan dan nenyentuh tobol lift.

Ditambahkan nya, upayakan tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama diruang kerja dan gunakan selalu handsanitizer sebelum memegannya. Membersihkan meja serta area kerja dengan  desinfektan. Tidak berkerumun dan membuat keramaian melaksanakan acara apapun.

Selalu menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter, menjaga etika bersin dan batuk. Selalu mengupayakan aliran udara selih berganti dalam ruangan dan juga meyupayakan sinar mata hari masuk kedalam ruangan kerja. Membiasakan untuk sementara waktu agar tidak bersalaman tangan, gunakan dan jadikan masker menjadi satu kebutuhan.

Disamping itu semua, lanjut jawalter. Agar diutamakan penerapan perilaku pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan terutama diri sendiri dan keluarga serta kekompakan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan himbau jawalter. (ADV/S.Barat).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas