Headlines News :
Home » , » Guna Penanganan Covid-19, Pemkab Inhu Gelontorkan Anggaran Rp90,2 Miliar

Guna Penanganan Covid-19, Pemkab Inhu Gelontorkan Anggaran Rp90,2 Miliar

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, May 5, 2020 | 11:33:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Untuk percepatan penanganan covid -19 di Tahun 2020 ini,  Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu )  telah menyediakan anggaran sebesar 90,2 miliar.

Namun dari besaran angka itu, baru hanya 5.2 miliar yang baru dapat di gunakan.” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Inhu, Ibrahim Alimin saat konferensi pers yang dilaksanakan secara telekonferensi vicon Selasa (05/05/20).

Menyoal perkembangan yang ada lanjutnya, Inhu belum mengajukan PSBB,  akan berlaku jika provinsi merencanakan dan disetujui Menteri Kesehatan.

‘Selanjutnya mengenai kesiapan anggaran, kita siap. Karena angka 90,2 miliar itu sudah termasuk ketika di Inhu diberlakukan PSBB. Kita masih menunggu bagaimana keputusannya,’’

Ditambahkannya, anggaran itu terbagi dari dua tahap, pertama sebesar 5,2 miliar dan selebihnya 85 miliar. Anggaran tahap pertama sudah bisa digunakan dan sebagiannya telah dipakai terutama untuk kegiatan pencegahan dan penanganan di RSUD Indrasari Rengat dan Dinas Kesehatan. 

Untuk anggaran 85 miliar dialokasikan untuk delapan satuan kerja jika kondisi mengharuskannya untuk digunakan. dari angka besaran anggaran yang disediakan itu, termasuk untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, termasuk jika pembatasan social berskala besar yang akan diberlakukan nanti jika memang terjadi.”ujarnya.

Saat ini anggaran tahap 2 tersebut belum bisa dipakai karena sekarang masih dalam tahap rasionalisasi. APBD kita kan diminta  lebih fokus untuk penanganan corona sehingga kita mencari pos-pos mana saja yang bisa dirasionalisasi. Sekarang sedang dalam tahap itu. Nanti kalau prosesnya selesai anggaran sudah bisa digunakan.

Demikian soal alokasi dana sebesar 100 juta untuk per kelurahan dari Pemerintah Provinsi Riau, belum di distribusikan karena dana itu masih memerlukan proses agar bisa sampai ke rekening Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Sementara, Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawalter Situmorang MPd memgatakan, bahwa update data hingga per 4 Mei 2020, di duga ada satu pasien positif virus corona , dimana saat ini pasien dalam pengawasan tiga orang (satu telah sehat) dan orang dalam pemantauan sebanyak 28 orang, secara kumulatif 406 orang. (SB)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas