Headlines News :
Home » , » DPRD Jabar Minta Masyarakat Pertimbangkan Soal Mudik

DPRD Jabar Minta Masyarakat Pertimbangkan Soal Mudik

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, May 12, 2020 | 8:46:00 AM

HARIAN BERANTAS, BANDUNG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady menyatakan bahwa mudik tahun ini dirasa cukup sulit karena adanya pandemi Covid-19. Meminta masyarakat tetap harus tetap menunda mudik lebaran yang biasa dilakakun seperti tahun-tahun sebelumnya.
"Mudiknya, mundur sakedik," kataDaddy dihadapan wartawan, Senin (11/5/2020).
Menurutnya , ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh masyarakat jika memaksa untuk tetap melakukan mudik tahun ini yang dinilainya sangat sulit.
"Pertama, adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Jadi, mereka yang akan mudik harus memiliki tugas dari atasannya/kepala kantor dan surat keterangan bebas Covid-19. Bagi mereka yang terkena PHK juga, harus bisa menunjukkan Surat PHK," ucap Daddy.
Kemudian yang kedua, terkait dengan PSBB  adanya penyekatan yang relatif ketat. Bahkan, ada yang menyatakan kepada dirinya bahwa dari Jakarta sampai Surabaya ada sekitar 100 penyekatan.
"Ongkos mudik menjadi mahal. Guna kepentingan social distancing (jaga jarak) bus atau kendaraan umum lainnya hanya bisa ditumpangi setengah dari kapasitasnya," ungkapnya.
Ia menjelaskan, dengan sendirinya harga tiket pun rata-rata menjadi dua kali lipat. Padahal tanpa Covid-19 pun biasanya harga tiket sudah naik menjelang lebaran.
Selain itu masih menurut Daddy persoalan lainya yang dihadapi pemudik ini,  isolasi  diri atau dikarantina selama 14 hari lantaran penerapkan PSBB secara ketat.
"Oleh karena itu, banyak keluarga yang akhirnya menjadwal ulang alias memundurkan mudiknya," kata Daddy.
Ia mengimbau sebaiknya masyarakat berpikir kembali untuk melakukan mudik mengingat sulitnya menerjang aneka rintangan tersebut.
(NH)***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas