Headlines News :
Home » , » Angin Puting Beliung Landa Pulau Nias, Puluhan Rumah Warga & Rumah Ibadah Rusak Parah

Angin Puting Beliung Landa Pulau Nias, Puluhan Rumah Warga & Rumah Ibadah Rusak Parah

Written By HARIANBERANTAS on Tuesday, May 19, 2020 | 12:29:00 PM

HARIANBERANTAS, NIAS UTARA- Akibat cuaca buruk disertai angin puting beliung (angin kencang) puluhan Rumah penduduk dan rumah ibadah rusak berat parah.

Peristiwa itu terjadi di desa ombòlata Afulu, kecamatan Afulu, kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, selasa,19 Mei 2020. 

Atas peristiwa tersebut terjadi ditengah-tengah bencana pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini sehingga membuat warga mengeluh. Hal itu diperjelas dalam cuitan distatus akun facebook milik bung Herman Waruwu yang juga  masyarakat Desa ombòlata Afulu, kecamatan Afulu, Kabupaten Nias utara, yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Herman Waruwu dalam  akun miliknya menjelaskan secara singkat bahwa peristiwa tersebut terjadi pada hari selasa,19 Mei 2020, dimana bencana alam yakni angin kencang (angin puting beliung, red)  sangat dahsyat mengguncang pemukiman penduduk dan menghantam perumahan serta rumah ibadah di desa ombòlata Afulu, yang mengakibatkan puluhan bangunan rumah penduduk dan tempat ibadah(Gereja) mengalami rusak parah.

Selain rumah warga dan tempat ibadah angin kencang kitu juga merusak tanaman masyarakat seperti kelapa. Dimana kelapa itu tumbang dan menutupi badan jalan sehingga akses jalan menuju Desa dan ke ibu kota-kecamatan Afulu sulit untuk di lalui oleh kedaraan roda empat dan roda dua, tuturnya


Warga yang berhasil dihubungi awak media ini membenarkan peristiwa tersebut. Menurut warga hantaman angin puting beliung yang terjadi pada pagi hari. Dan seluruh warga dilokasi kejadian takut jadi korban keganasan angin.

Atas kejadian tersebut belum diketahui ada korban jiwa, namun kerugian materil ditafsir mencapai ratusan juta rupiah. 

Masyarakat berharap pemerintah Kabupaten Nias Utara turun ke lapangan untuk memastikan kejadian tersebut dan berharap pemerintah dapat membantu masyarakat yang terkena musibah tersebut.

Sementara awak media berusaha menghubungi pihak pemerintah desa ombòlata Afulu dan kecamatan Afulu,kabupaten nias utara, namun belum bisa terhubung karena jaringan telekomunikasi terganggu karena pihak PLN telah memadamkan listrik secara total di derah tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. (Serius Jaya Nazara).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas